Konsumsi 5 Sarapan Ini untuk Atasi Perut Kembung

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 04 Feb 2021 06:00 WIB
aplikasi makanan penyebab perut kembung Foto: Getty Images
Jakarta -

Perut kembung sering menimbulkan rasa tak nyaman. Beberapa bahan makanan ini cocok dijadikan menu sarapan guna mengatasi perut kembung.

Kembung merupakan keadaan di mana perut terasa penuh baik akibat gas maupun cairan yang berlebih di dalam perut. Kembung juga akan menimbulkan rasa tidak nyaman yang dapat mengganggu kegiatan dan aktivitasmu.

Kembung bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya pola makan seperti makan terlalu cepat, terlalu banyak konsumsi garam, atau akibat konsumsi minuman berkarbonasi. Lainnya, kembung juga bisa disebabkan oleh faktor seperti intoleransi laktosa, sembelit atau bahkan sindrom iritasi usus.

Dalam beberapa kasus, beberapa bahan makanan dikatakan dapat membantu meredakan kembung. Ada beberapa makanan yang bahkan disarankan oleh ahli gizi untuk mengatasi kembung yang bisa dikonsumsi saat sarapan.

Berikut ini 5 makanan yang bisa dikonsumsi saat sarapan untuk meredakan kembung menurut Livestrong (1/1):

1. Nanas

Portion of fresh Pineapple Juice in a glassFoto: Getty Images/iStockphoto/HandmadePictures

Kadar garam berlebih yang masuk ke dalam perut memungkinkan terjadinya kembung. Dalam kasus seperti ini, ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi potasium seperti nanas.

"Potassium merupakan antidot bagi sodium yang ada di dalam tubuh dan akan membantu mengeluarkan air yang meyebabkan kembung," kata ahli gizi Chelsey Amer.

Amer juga menyarankan nanas karena kandungan enzim bromelain di dalamnya dapat membantu pencernaan protein. Bromelain dalam nanas juga dapat membantu pencernaan bekerja lebih mulus dan mencegah inflamasi yang dapat meredakan kembung.

Baca Juga: 5 Minuman Ini Bisa Sebabkan Perut Kembung, Batasi Asupannya

2. Oatmeal

Serat terbagi menjadi 2 jenis, yaitu serat yang dapat larut dan yang tidak dapat larut. Serat larut dapat menjadi pertolongan pertama saat kembung.

Serat larut ini salah satunya ditemukan dalam oatmeal instant. Kamu bisa menikmati oatmeal dengan air maupun susu rendah laktosa dan beberapa tambahan seperti almond dan strawberry.

"Oatmeal instan memiliki tekstur yang lebih lembut yang berarti akan lebih cepat mengosongkan perut, hasilnya kemungkinan terjadinya kembung akan lebih rendah," kata Melanie Klesse.

3. Pisang

5 Cara Makan Pisang untuk Rampingkan Perut, Ini Kata PakarFoto: Getty Images/iStockphoto/Rachaphak

Pisang memiliki 2 nutrisi sekaligus yang bisa meredakan perut kembung. Pisang mengandung potasium dan serat larut yang bisa mengobati perut kembung dengan cepat.

Kandungan potasium yang di dalam pisang dapat membantu mengeluarkan sodium dalam tubuh dan menyingkirkan pembengkakkan yang diakibatkan dengan retensi cairan. Pisang juga menjadi buah yang praktis untuk diolah sehingga memudahkan saat menyiapkan sarapan.

Bukan hanya mengatasi kembung, pisang juga dapat membantu konstipasi melalui serat larut yang dapat membantu melunakkan kotoran.

4. Air

Air memiliki manfaat yang ajaib untuk meringankan perut kembung. Air dapat membantu mengeluarkan kandungan garam yang menumpuk sejak malam.

Bahkan air juga dapat meredakan kembung yang diakibatkan oleh sembelit. Air dapat melunakkan dan memantu kotoran agar lebih mudah keluar.

"Serat larut menyerap air, yang cenderung melembutkan kotoran dan mengeluarkannya dengan lebih mudah," kata Klesse.

5. Air Kelapa

Tropical green coconuts opened for the drinking water with straws.Foto: iStock

Air kelapa mengandung kalium yang sangat tinggi. Bahkan 1 cangkir air kelapa dapat memenuhi kebutuhan kalium tubuh sebesar 13%.

Air kelapa dapat membantu meredakan kembung. Manfaat ini akan lebih efektif jika memadukan air kelapa dengan bahan makanan lain yang juga dapat meredakan perut kembung.

"Tetapi jika kembung disebabkan oleh gas dan diikuti nyeri perut, sebaiknya konsultasikan gejala kembung terlebih dahulu ke dokter," kata ahli gizi Rebecca Ditkoff.

Baca Juga: Mengapa Terlalu Banyak Asupan Garam Bikin Perut Kembung?

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com