Konsumsi 5 Sarapan Ini untuk Atasi Perut Kembung

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 04 Feb 2021 06:00 WIB
aplikasi makanan penyebab perut kembung Foto: Getty Images

3. Pisang

5 Cara Makan Pisang untuk Rampingkan Perut, Ini Kata PakarFoto: Getty Images/iStockphoto/Rachaphak

Pisang memiliki 2 nutrisi sekaligus yang bisa meredakan perut kembung. Pisang mengandung potasium dan serat larut yang bisa mengobati perut kembung dengan cepat.

Kandungan potasium yang di dalam pisang dapat membantu mengeluarkan sodium dalam tubuh dan menyingkirkan pembengkakkan yang diakibatkan dengan retensi cairan. Pisang juga menjadi buah yang praktis untuk diolah sehingga memudahkan saat menyiapkan sarapan.

Bukan hanya mengatasi kembung, pisang juga dapat membantu konstipasi melalui serat larut yang dapat membantu melunakkan kotoran.

4. Air

Air memiliki manfaat yang ajaib untuk meringankan perut kembung. Air dapat membantu mengeluarkan kandungan garam yang menumpuk sejak malam.

Bahkan air juga dapat meredakan kembung yang diakibatkan oleh sembelit. Air dapat melunakkan dan memantu kotoran agar lebih mudah keluar.

"Serat larut menyerap air, yang cenderung melembutkan kotoran dan mengeluarkannya dengan lebih mudah," kata Klesse.

5. Air Kelapa

Tropical green coconuts opened for the drinking water with straws.Foto: iStock

Air kelapa mengandung kalium yang sangat tinggi. Bahkan 1 cangkir air kelapa dapat memenuhi kebutuhan kalium tubuh sebesar 13%.

Air kelapa dapat membantu meredakan kembung. Manfaat ini akan lebih efektif jika memadukan air kelapa dengan bahan makanan lain yang juga dapat meredakan perut kembung.

"Tetapi jika kembung disebabkan oleh gas dan diikuti nyeri perut, sebaiknya konsultasikan gejala kembung terlebih dahulu ke dokter," kata ahli gizi Rebecca Ditkoff.

Baca Juga: Mengapa Terlalu Banyak Asupan Garam Bikin Perut Kembung?

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com