Apa Aman Meminum Kembali Sisa Kopi yang Telah Dibiarkan? Ini Kata Pakar

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 03 Feb 2021 05:00 WIB
Apa Aman Meminum Kembali Sisa Kopi yang Telah Dibiarkan? Ini Kata Pakar Foto: Getty Images/iStockphoto/Emir Cetiner
Jakarta -

Sering kali orang tidak langsung menghabiskan kopi dalam sekali minum, namun menyimpannya kembali untuk diminum kemudian. Apakah praktik ini aman?

Kopi menjadi minuman favorit banyak orang di dunia, bahkan kopi sering dipilih sebagai minuman untuk mengisi waktu santai atau dijadikan 'teman' saat menyelesaikan pekerjaan.

Kopi bisa disajikan baik secara hangat maupun dingin. Namun sayang dalam mengonsumsinya, banyak orang terbiasa tidak langsung menghabiskan kopi.

Beberapa orang sering membiarkan cangkir kopinya begitu saja di atas meja tanpa langsung menghabiskannya. Ini juga mungkin terjadi pada mereka yang menikmati kopi sambil berbincang atau menyelesaikan pekerjaan. Dari sisi kesehatan, apakah hal ini aman?

Dilansir melalui Eat This, Not That! (30/1) berikut penjelasan ahli terkait kebiasaan tersebut. Meminum kembali kopi yang sudah ada di meja dan terbuka selama berjam-jam ternyata tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Tetapi, hal tersebut hanya berlaku pada jenis kopi tertentu.

Apa Aman Meminum Kembali Sisa Kopi yang Telah Dibiarkan? Ini Kata PakarApa Aman Meminum Kembali Sisa Kopi yang Telah Dibiarkan? Ini Kata Pakar Foto: Getty Images/iStockphoto/Emir Cetiner

"Kopi hitam adalah media yang relatif buruk untuk pertumbuhan mikroba karena tidak ada nutrisi yang tersedia seperti gula atau protein," kata peneliti pangan Bryan Quoc Le, PhD.

Dari sudut pandang mikroba sendiri, kopi sisa relatif aman untuk diminum kembali. Tetapi hanya pada kopi hitam yang murni tanpa campuran gula dan susu seperti segelas espresso atau Americano.

Baca Juga: Amankah Minum Kopi Saat Perut Kosong? Begini Penjelasannya

Meski begitu, kopi dapat ditumbuhi sedikit jamur atau turunannya. Menurut Dr. Le, hal ini dapat mempengaruhi sejumlah kecil individu yang memang memiliki kepekaan alergi terhadap jamur.

Saat kamu membiarkan kopi dalam teko seharian, sebaiknya kopi tidak lagi diminum. Le mencatat perlu waktu beberapa hari untuk kopi ditumbuhi jamur.

Berbeda dengan kopi hitam, kopi yang sudah dicampur dengan gula atau susu sangat dianjurkan untuk langsung dihabiskan. Sesuai dengan pedoman keamanan makanan CDC, kopi yang mengandung susu memiliki waktu maksimal 2 jam untuk dikonsumsi, setelah disajikan pada suhu ruang.

Baca artikel di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com