Pepaya Bisa Jadi Camilan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Devi Setya - detikFood Selasa, 02 Feb 2021 13:30 WIB
Biji pepaya Foto: iStock

4. Pepaya rendah gula

Biji pepayaPepaya Bisa Jadi Camilan Sehat Untuk Penderita Diabetes Foto: iStock

Dalam 100 gr pepaya mentah mengandung 7,82 gr gula. Sebuah penelitian mengatakan bahwa pepaya mengandung enzim proteolitik yang disebut papain.

Enzim ini secara alami memperlambat perkembangan diabetes tipe 2 dan juga melindungi penderita diabetes dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas yang berbahaya.

Pepaya juga memiliki indeks glikemik yang rendah, yang artinya setelah dikonsumsi pepaya akan melepaskan gula alami secara perlahan, tanpa meningkatkan kadar gula darah secara tiba-tiba. Ini menjadikan pepaya salah satu buah terbaik untuk dimasukkan dalam menu diet diabetes.

5. Sumber nutrisi dalam pepaya

Selain menjaga kadar gula darah, pepaya juga tinggi nutrisi. Buah ini merupakan sumber vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, zat besi, folat, kalium, karoten, dan flavonoid. Nutrisi ini dibutuhkan tubuh dan dapat membantu mencegah komplikasi diabetes seperti penyakit jantung.

Pepaya juga kaya akan serat yang baik untuk sistem pencernaan. Menyantap satu porsi pepaya sebagai camilan juga membantu membuat perut kenyang lebih lama.

Secara keseluruhan, pepaya tidak hanya membantu menjaga gula darah tetap terkendali tetapi juga menyehatkan tubuh dengan banyak nutrisi yang terkandung do dalamnya.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Uniknya Abon Pepaya, Cocok untuk Vegetarian"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com