ADVERTISEMENT

Pepaya Bisa Jadi Camilan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Devi Setya - detikFood
Selasa, 02 Feb 2021 13:30 WIB
Biji pepaya
Foto: iStock

2. Pepaya jadi obat alami yang enak

Susu pepayaPepaya Bisa Jadi Camilan Sehat Untuk Penderita Diabetes Foto: iStock

Hasil penelitian yang dilakukan pada 50 orang menyebutkan bahwa pepaya bisa menjadi obat yang efektif untuk menurunkan kadar gula plasma. Individu dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 25 pasien.

Kelompok pertama terdiri dari penderita diabetes tipe 2 yang sedang dalam pengobatan, sementara 25 orang sisanya berada dalam kelompok orang yang secara klinis dinyatakan sehat. Semua orang ini diberikan pepaya fermentasi selama dua bulan saat makan siang.

Hasilnya menunjukkan bahwa pepaya dapat menurunkan kadar glukosa yang signifikan pada penderita diabetes maupun orang yang sehat.

3. Mencegah kanker pada penderita diabetes

Sebuah penelitian dilakukan untuk melihat hubungan antara konsumsi pepaya dan pencegahan kanker pada penderita diabetes. Kadar glukosa tinggi sangat berkaitan dengan peradangan kronis dan stres oksidatif yang berpotensi meningkatkan risiko berkembangnya sel kanker.

Beberapa pasien diabetes memiliki resiko besar terkena kanker payudara, hati, pankreas, dan kolorektal. Pepaya memiliki aktivitas pembersihan radikal bebas. Ketika dikonsumsi secara rutin, pepaya terbukti signifikan mengurangi pertumbuhan sel kanker dan mengontrol glukosa darah. Pepaya juga membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh.



Simak Video "Harga Pepaya Jatuh, KWT Boyolali Sulap Jadi Camilan Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT