Pepaya Bisa Jadi Camilan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Devi Setya - detikFood Selasa, 02 Feb 2021 13:30 WIB
Biji pepaya Foto: iStock
Jakarta -

Pepaya bukan hanya enak dan bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Buah ini juga direkomendasikan jadi camilan bagi para penderita diabetes.

Bagi pengidap diabetes, banyak makanan yang harus dihindari demi menjaga kadar gula darah. Makanan yang terlalu manis tentu dilarang jadi santapan padahal lidah pasti ingin dimanjakan dengan sesuatu yang manis dan lezat.

Jangan sedih dulu, beberapa buah mengandung fruktosa alami yang aman dikonsumsi para penderita diabetes. Salah satunya pepaya, buah tinggi serat ini aman dan justru direkomendasikan untuk disantap oleh para pengidap diabetes.

Dilansir dari BoldSky (1/2) pepaya bahkan bisa jadi penghambat alami bagi lonjakan gula darah. Buah ini juga terbilang murah didapat dan punya harga murah meriah. Siapapun direkomendasikan untuk banyak ngemil pepaya.

Pepaya yang termasuk keluarga Caricaceae diklaim memiliki daging buah yang bersifat anti-diabetes. Namun konsumsi pepaya di kalangan penderita diabetes ternyata masih jadi kontroversi bagi sebagian orang.

Berikut beberapa fakta buah pepaya yang aman dikonsumsi para pengidap diabetes.

1. Menurunkan kadar gula darah

Pepaya mengkal, pepaya matang ataupun olahan pepaya terbilang aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Kandungan gula dalam pepaya memang tidak serendah pada apel namun gula buah ini tidak menaikkan kadar gula darah. Menyantap pepaya manis tidak akan memicu kenaikan gula darah sehingga aman dikonsumsi para pengidap diabetes.

Disarankan untuk mengonsumsi pepaya di pagi hari sebagai menu sarapan. Buah ini juga bisa diandalkan sebagai pendongkrak energi sebelum memulai aktivitas pagi. Selain dimakan langsung, pepaya juga bisa dikombinasikan dengan makanan lain seperti yogurt plain untuk membantu menurunkan kadar glikemik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kegigihan Pembudidaya Pepaya Polman yang Kini Sukses Saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com