8 Makanan untuk Diet yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 28 Jan 2021 06:00 WIB
Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Berhenti Makan, Simak Yuk! Foto: Getty Images/Moyo Studio
Jakarta -

Makanan untuk diet yang ampuh menurunkan berat badan tergantung pada kandungan kalori. Dalam WebMD, Heather Mangieri, RD selaku juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics menyebutkan, "Makanan tertentu dapat membantu menurunkan berat badan. Karena mereka membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu menekan keinginan ngemil berlebihan."

Berikut beberapa yang ampuh untuk menurunkan berat badan dan dapat meningkatkan metabolisme:

1. Kacang

Kacang merupakan sumber protein yang bagus. Selain itu kacang juga tinggi serat dan lambat dicerna tubuh sehingga Anda bisa merasa kenyang lebih lama. Sehingga tidak membuat Anda mengonsumsi makanan secara berlebihan.

2. Sup

Mulailah makan dengan secangkir sup dan mungkin Anda akan makan lebih sedikit. Sup dengan bahan dasar kaldu mengandung 100-150 kalori per porsinya. Hanya saja ketika membuat sup pastikan jangan menambahkan krim ataupun mentega.

3. Dark chocolate

Meskipun sedang diet, Anda tetap bisa menikmati dark chocolate. Dalam sebuah penelitian, pecinta cokelat yang diberi cokelat hitam makan pizza 15 persen lebih sedikit beberapa jam kemudian dibandingkan dengan mereka yang makan cokelat susu.

4. Telur

Dikutip dalam Health Line, telur adalah salah satu makanan yang terbaik untuk dikonsumsi jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Telur mengandung protein yang tinggi, lemak sehat dan dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Sebuah studi pada 30 wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan dapat meningkatkan perasaan kenyang lebih lama dan memacu keinginan untuk makan lebih sedikit selama 36 jam berikutnya.

Jika sedang diet sebaiknya konsumsi telur tanpa tambahan minyak ya.

5. Apel

Apel adalah salah satu makanan diet yang paling favorit. Buah ini mengandung zat gizi yang baik dan serat yang berguna untuk penurunan berat badan. Apel mengandung 95 kalori, akan tetapi bebas lemak, natrium dan kolesterol. Buah apel juga mengandung serat dan air yang dapat membuat kamu tahan lapar lebih lama.

6. Brokoli

Brokoli jadi salah satu sayuran yang bisa jadi makanan diet sehat. Sayuran hijau ini rendah kalori tetapi kaya akan vitamin dan mineral. Serat yang terkandung di dalam brokoli bisa membuat kamu kenyang seharian lho.

7. Ikan

Makanan untuk diet yang ampuh turunkan berat badan adalah ikan. Ikan mengandung lemak baik yaitu omega-3 dalam ikan dapat membantu menurunkan berat badan. Ikan untuk diet yang bisa dipilih salah satunya adalah salmon dan tuna.

Sebaiknya olah ikan tanpa digoreng, karena minyak dapat menyumbang lemak lebih banyak. Panggang ikan untuk mengurangi kandungan lemaknya.

8. Sayuran hijau

Sayuran seperti kangkung hingga bayam dapat membantu turunkan berat badan. Sayuran hijau mengandung serat tinggi yang bisa membantu Anda kenyang lebih lama.

Selain itu sayuran hijau juga mengandung banyak vitamin dan mineral serta antioksidan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com