7 Rempah Penurun Gula Darah yang Populer Khasiatnya

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 24 Jan 2021 05:00 WIB
7 Rempah Penurun Gula Darah yang Populer Khasiatnya Foto: iStock
Jakarta -

Rempah bisa menjadi obat alternatif yang alami bagi beberapa penyakit. Termasuk rempah-rempah yang bisa turunkan kadar gula darah yang tinggi.

Gula darah darah yang terlalu tinggi akan sangat membahayakan kesehatan tubuh. Beberapa penyakit biasanya datang setelah sebelumnya disebabkan oleh gula darah darah yang tinggi.

Berbagai obat dan penyembuhan dipercaya memiliki fungsinya masing-masing pada beberapa penyakit. Termasuk kadar gula darah yang tinggi dipercaya bisa diatasi secara alami dengan konsumsi rempah.

Beberapa rempah memang dipercaya dapat mengobati penyakit. Termasuk menurunkan gula darah. Ada 7 rempah yang dinilai efektif untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Berikut ini 7 rempah yang bisa dikonsumsi untuk turunkan gula darah dilansir dari Sepalika (28/9):

1. Kayu Manis

7 Rempah Penurun Gula Darah yang Populer Khasiatnya7 Rempah Penurun Gula Darah yang Populer Khasiatnya Foto: iStock

Menurut penelitian, kayu manis memiliki efek positif pada pengendalian glikemik dan profil lipid pada pasien dengan diabetes melitus tipe 2. Hal ini disebabkan karena kayu manis mengandung 18% polifenol.

Kayu manis juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kepekaan insulin dan pengendalian terhadap glukosa darah. Menurut sebuah penelitian bahkan ditemukan bahwa kayu manis bisa mengatasi diabetes tipe 2 sebesar 0,83% dibandingkan dengan pengobatan dan perawatan biasa.

2. Cengkeh

Cengkeh mengandung 30% kandungan fenol antioksidan, antosianin dan quercetin. Kandungan ini dinilai dapat melindungi kesehatan jantung, hati serta lensa mata yang dibuktikan melalui penelitian terhadap tikus.

Baca Juga: 9 Makanan Penurun Gula Darah Secara Cepat untuk Penderita Diabetes https://food.detik.com/info-sehat/d-5327059/9-makanan-penurun-gula-darah-secara-cepat-untukpenderita-diabetes

Cengkeh memiliki sifat antiseptik serta germicidal. Kandungan ini bermanfaat sebagai anti-inflamasi, analgesik dan menjaga pencernaan bagi penderita diabetes.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com