Ini 5 Tips Minum Kopi yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

Riska Fitria - detikFood Minggu, 24 Jan 2021 06:00 WIB
Ini 5 Tips Minum Kopi yang Aman untuk Penderita Asam Lambung Foto: iStock
Jakarta -

Karena kandungan kafein dan klorogenat, kopi sering dikaitkan dengan penyakit asam lambung. Supaya tetap aman ikut beberapa tips sehat ini.

Kopi memang minuman pagi hari yang dapat membangkitkan energi. Namun, khasiat tersebut tidak dapat dirasakan oleh semua orang. Pasalnya ada penderita asam lambung yang akan bermasalah jika minum kopi setiap pagi.

Itu karena adanya kandungan kafein dan klorogenat. Semakin tinggi kedua kandungan tersebut, maka semakin asam rasa kopi dan menyebabkan masalah pencernaan. Namun jangan khawatir, penderita asam lambung tetap bisa minum kopi dengan aman.

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Mulai dari memiliki biji kopi, cara penyeduhan hingga menambahkan campuran lain agar lebih aman di perut, seperti yang dilansir dari Very Well Health (20/05/20).

Berikut 5 tips sehat minum kopi untuk penderita asam lambung:

1. Pilih Kopi dengan Kadar Asam Rendah

Ini 5 Tips Minum Kopi yang Aman untuk Penderita Asam LambungIni 5 Tips Minum Kopi yang Aman untuk Penderita Asam Lambung Foto: iStock

Bagi penderita asam lambung bisa memilih biji kopi yang kadar asamnya rendah. Ada beberapa jenis biji kopi yang secara alami kadar asamnya sudah rendah. Salah satunya adalah kopi arabika yang ditanam di dataran tinggi.

Selain itu, keasaman pada kopi juga bisa dipengaruhi oleh hal lainnya, mulai dari fermentasi, pemanggangan, sampai teknik menyeduh. Biji kopi yang disangrai akan menghasilkan kopi yang lebih rendah keasamannya.

Bukan hanya itu, penyeduhan dingin juga memberikan efek yang sama karena lebih sedikit senyawa yang dimasukkan ke dalam kopi saat diseduh dingin.

Beberapa orang mungkin menyukai rasa kopi dengan kandungan asam yang lebih rendah. Itu karena rasa kopinya cenderung lebih lembut daripada kopi dengan tingkat keasamannya tinggi.

Baca Juga : 7 Cara Minum Kopi yang Benar, Cocok untuk Turunkan Berat Badan!

2. Dark Roasting

Ini 5 Tips Minum Kopi yang Aman untuk Penderita Asam LambungIni 5 Tips Minum Kopi yang Aman untuk Penderita Asam Lambung Foto: iStock

Biji kopi yang melewati proses dark roasting akan menghasilkan kopi yang lebih aman di perut. Hal tersebut pernah dibuktikan lewat sebuah penelitian pada tahun 2014.

Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa metode dark roast dapat meningkatkan kandungan N-methylpyridinium (NMP) dan menurunkan kandungan asam klorogenat.

Kandungan asam klorogenat dan kafein dapat merangsang produksi asam lambung. Sementara kandungan NMP pada kopi berperan untuk menahan pelepasan asam yang menimbulkan iritasi lambung.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menikmati Kehangatan Kopi Bir Khas Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com