Tips Berikan Camilan Anak yang Sehat dan Tepat Menurut Ahli

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 23 Jan 2021 14:00 WIB
Cara Tepat Berikan Camilan untuk Anak Foto: iStock
Jakarta -

Anak juga butuh camilan untuk menyeimbangkan asupan gizi hariannya. Namun, tentu saja harus yang sehat dan jumlah kalorinya tepat. Begini penjelasan ahli!

Camilan adalah makanan ringan yang biasa dikonsumsi anak setiap harinya. Camilan terbilang penting dan tak bisa dipisahkan untuk perkembangan anak.

Tapi, orang tua sebaiknya cermat dalam memilih camilan yang tepat untuk anak. Jangan membiasakan anak mengonsumsi camilan sembarangan, karena bisa memberikan efek buruk pada kesehatan dan imunitas tubuhnya.

"Kesadaran tentang pentingnya memilih camilan yang baik sangat krusial, sebab jika salah pilih camilan bisa memiliki berbagai akibat jangka panjang," jelas dokter spesialis anak, dr. Attila Dewanti Sp.A(K), dalam webinar 'Pentingnya Memilih Cemilan Baik untuk Tumbuh Kembang Anak' (22/1).

Cara Tepat Berikan Camilan untuk AnakCara Tepat Berikan Camilan untuk Anak Foto: dok. webinar Paddle Pop

"Seperti obesitas dan terganggunya daya tahan tubuh anak, terutama di masa pandemi sekarang ini. Diperkirakan juga bahwa 15-25% penyakit anak-anak disebabkan karena pola makan yang kurang tepat, termasuk camilan," lanjutnya.

Baca Juga: Yuk, Ajak Anak Kreatif dengan Bikin Camilan Sendiri!

Lantas, seperti apa kriteria camilan baik yang bisa diberikan untuk anak? Menurut dr. Attila, ada beberapa kriteria penting dalam memilih camilan baik untuk anak. Pilihlah camilan dengan kadar gula, kalori, dan lemak yang sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak.

dr. Attila juga menyebutkan kalau camilan yang mengandung susu dan buah sangat penting untuk anak. Lalu, ia juga menyebutkan kalau pola makan anak yang ideal setiap harinya adalah 3 kali makan utama dan 2 kali camilan.

Cara Tepat Berikan Camilan untuk AnakCara Tepat Berikan Camilan untuk Anak Foto: iStock

Menyoal waktu pemberian camilan idealnya berselingan. Jadi, orang tua bisa memberikannya setelah makan siang lalu memberikannya lagi setelah makan sore atau malam.

Jumlah kalori camilan untuk anak juga harus disesuaikan agar porsinya tepat. dr. Attila Dewanti menyebutkan kalau batas asupan camilan per hari sebanyak 330 kalori.

Berdasarkan rekomendasi dari WHO, camilan yang baik dikonsumsi anak harus mengandung gula < 50 gram, lemak jenuh < 10 persen total energi, dan tidak lebih dari 20 persen kebutuhan energi harian.

Cara Tepat Berikan Camilan untuk AnakCara Tepat Berikan Camilan untuk Anak Foto: dok. webinar Paddle Pop

Dalam hal ini, produk es krim dari Paddle Pop termasuk salah satu camilan baik untuk anak. Karena, produk es krim tersebut juga sudah memiliki logo 'Cemilan Baik Untukmu'.

Produk es krim ini juga masuk dalam kriteria yang disebutkan oleh WHO. Produk es krim dari Paddle Pop mengandung kebaikan susu dan buah, kandungan gulanya kurang dari 12 gram, lemak jenuhnya kurang dari 3 gram, dan jumlah kalorinya kurang dari 110 kkal.

Baca Juga: Ikuti Trik Ini Agar Anak Mau Makan Sayur



Simak Video "Yuk Mulai Hitung-hitung Kadar Kalori Camilan yang Baik Buat Anak!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com