5 Efek Tidak Makan Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 23 Jan 2021 05:00 WIB
5 Efek Tidak Makan Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanKing999

4. Mengganggu Kesehatan Jantung

Penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia. Faktor risiko penyakit jantung yang tidak dapat diubah adalah usia dan keturunan.

Penelitian menunjukan bahwa pola makan nabati, seperti buah dan sayur, dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Buah dan sayur mengandung fitokimia yang membantu mengurangi peradangan.

Pola makan nabati juga terbukti dapat mengendalikan tekanan darah secara keseluruhan. Tekanan darah yang tidak terkendali dan mendadak tinggi berkaitan dengan penyebab utama penyakit jantung.

5. Masalah Pada Kulit

5 Efek Tidak Makan Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan5 Efek Tidak Makan Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanKing999

Efek dari kurangnya buah dan sayur adalah membuat masalah pada kesehatan kulit. Permasalahan pada kulit akan mulai bermunculan jika tubuh tidak menerima cukup asupan buah dan sayur.

Menurut penelitian pada 2008, 47% risiko dermatitis akan meningkat pada pola makan yang rendah sayur dan buah. Sedangkan, dengan meningkatkan konsumsi buah dan sayur akan menurunkan risiko dermatitis sebesar 25%.

Vitamin yang didapatkan dari buah dan sayur, salah satunya vitamin C, merupakan antioksidan kuat yang penting untuk pembentukan kolagen di kulit. Selain itu vitamin A juga secara aktif menjaga keremajaan kulit agar tetap terlihat awet muda.

Baca Juga: 9 Fungsi Protein, yang Bikin Kamu Rajin Makan Buah dan Sayur

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com