5 Efek Tidak Makan Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 23 Jan 2021 05:00 WIB
5 Efek Tidak Makan Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanKing999

2. Mudah sakit

Kesehatan usus menjadi kunci utama menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Menjaga kesimbangan bakteri pada usus penting fungsinya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan begini, kamu tidak akan mudah jatuh sakit.

Serat menjadi indikator utama yang memengaruhi jumlah dan keragaman bakteri pada usus. Serat banyak ditemukan dalam makanan nabati berupa sayur atau buah.

Bahan makanan seperti ini baik untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Secara ilmiah telah terbukti bahwa orang yang makan kurang dari 10 makanan nabati per minggu memiliki lebih sedikit jumlah bakteri di dalam ususnya.

3. Risiko Diabetes Tipe 2 Meningkat

5 Efek Tidak Makan Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan5 Efek Tidak Makan Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanKing999

Sebuah penelitian pada tahun 2020 menemukan bahwa asupan vitamin C dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Buah-buahan seperti jeruk akan menjadi camilan sehat yang tepat untuk rutin dikonsumsi.

Selain itu, makan lebih banyak buah dan sayur akan dapat menjaga keseimbangan berat badan. Obesitas yang terjadi pada tubuh seseorang juga dikaitkan dengan meningkatnya diabetes tipe 2.

Buah dan sayuran juga berfungsi untuk mengatur keseimbangan gula darah. Jika gula darah bisa terkendali dengan sangat baik, maka kamu akan lebih terhindar lagi dari diabetes.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com