5 Pola Makan Tidak Sehat yang Harus Dihindari, Biar Umur Makin Panjang

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 22 Jan 2021 13:30 WIB
5 Pola Makan Tidak Sehat yang Harus Dihindari, Biar Umur Makin Panjang
Foto: Getty Images/skynesher

2. Terlalu Banyak Protein

Menurut Harvard Health, konsumsi makanan tinggi protein yang berlebih dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Lemak jenuh yang juga ditemukan dalam daging merah dikatakan juga bisa menimbulkan penyakit jantung serta risiko kanker usus yang tinggi.

Pola makan dengan sumber protein memang sangat dianjurkan untuk membangun massa otot, tetapi protein yang dikonsumsi harus dalam bentuk protein nabati atau protein tanpa lemak.

Diet tinggi protein yang salah justru akan menyebabkan kenaikan berat badan dan menjadi sumber kalori berlebih yang masuk ke dalam tubuh. Asupan Referensi Diet mengatakan bahwa batas aman konsumsi protein untuk pria sebesar 56 gram dan 46 gram untuk wanita.

Baca Juga: 7 Pola Makan Sehat Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Saat Pandemi

3. Terlalu Banyak Konsumsi Minuman Tinggi Gula

5 Pola Makan Tidak Sehat yang Harus Dihindari, Biar Umur Makin Panjang5 Pola Makan Tidak Sehat yang Harus Dihindari, Biar Umur Makin Panjang Foto: Getty Images/skynesher

Pola makan tidak sehat yang harus dihindari selanjutnya adalah soal konsumsi minuman manis. Minuman dengan campuran gula yang terlalu banyak juga akan menimbulkan gangguan pada kesehatan.

Bahkan smoothies sehat sekalipun mencakup kandungan gula yang melewati batas aman yang disarankan. Minuman tinggi gula seperti ini akan mudah ditemukan pada minuman kemasan serta minuman ringan berperisa lainnya.

Minuman tinggi gula memiliki efek yang bahkan dapat menyerang peredaran darah dan masalah jantung. Misalnya gagal jantung, stroke, kolesterol tinggi, serta penyakit kardiovaskular lainnya.