5 Pola Makan Tidak Sehat yang Harus Dihindari, Biar Umur Makin Panjang

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 22 Jan 2021 13:30 WIB
5 Pola Makan Tidak Sehat yang Harus Dihindari, Biar Umur Makin Panjang Foto: Getty Images/skynesher
Jakarta -

Pola makan tidak sehat ini dapat berefek buruk untuk kesehatan. Hindari pola makan ini agar umur makin panjang.

Pola makan merupakan faktor utama yang mempengaruhi kesehatan tubuh. Pola makan yang sehat akan menjaga tubuh tetap fit. Sebaliknya, pola makan yang buruk akan memberikan dampak yang buruk bagi tubuh juga.

Untuk menjaga pola makan yang sehat salah satu caranya adalah selalu memerhatikan asupan nutrisi dan kandungan pada makanan yang dikonsumsi. Misalnya, mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan tinggi gula, tinggi kalori atau beberapa kandungan yang mungkin berdampak bagi kesehatan.

Penting juga untuk mengetahui makanan yang cocok dan tidak cocok untuk kesehatan kamu. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang merupakan hal penting yang harus selalu dilakukan.

Bahkan, menurut para ahli, pola makan yang tidak sehat ternyata bisa berdampak pada memperpendek kehidupan manusia.

Mengutip dari Eat This, Not That! (16/1), berikut ini 5 pola makan tidak sehat yang harus dihindari biar umur makin panjang:

1. Terlalu Banyak Konsumsi Gula

5 Pola Makan Tidak Sehat yang Harus Dihindari, Biar Umur Makin Panjang5 Pola Makan Tidak Sehat yang Harus Dihindari, Biar Umur Makin Panjang Foto: Getty Images/skynesher

Menurut American Heart Association, rata-rata orang dewasa hanya boleh mengonsumsi 25 gram gula untuk wanita dan 37,5 gram gula untuk pria. Batas aman ini sama dengan sekitar 6 hingga 9 sendok teh gula pasir.

Tetapi, rata-rata orang dewasa bisa mengonsumsi gula sekitar 22,2 sendok teh per hari. Menurut JAMA Internal Medicine, peningkatan jumlah gula pada pola makan akan menaikan risiko meninggal akibat penyakit kardiovaskular.

Selalu perhatikan label nutrisi pada kemasan makanan yang kamu beli di toko. Cara lebih aman lainnya yaitu dengan membeli produk segarnya dan olah sendiri makananmu di rumah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com