ADVERTISEMENT

Benarkah Masak dengan Air Fryer Lebih Sehat?

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 19 Jan 2021 07:00 WIB
Benarkah Masak dengan Air Fryer Lebih Sehat?
Foto: Getty Images/iStockphoto/4kodiak

Efek Negatif Air Fryer

1. Tidak Menjamin Seseorang Lebih Sehat

Air fryer mampu memberikan pilihan makanan yang lebih sehat daripada menggoreng secara tradisional. Tetapi hanya mengganti semua makanan yang digoreng dengan makanan yang digoreng dengan udara sama sekali tidak menjamin seseorang bisa lebih sehat. Untuk kesehatan yang optimal, seseorang tetap harus fokus pada asupan nutrisi seimbang yang juga diisi dengan konsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak.

Benarkah Masak dengan Air Fryer Lebih Sehat?Benarkah Masak dengan Air Fryer Lebih Sehat? Foto: Getty Images/iStockphoto/4kodiak

2. Dapat Menyebabkan Efek Berbahaya

Air fryer memang mencegah risiko pembentukan akrilamida, tetapi hada senyawa berbahaya lain yang bisa terbentuk. Berupa hidrokarbon aromatik polisiklik dan amina heterosit yang dapat dihasilkan dari memasak daging menggunakan udara panas.

Senyawa ini memiliki hubungan dengan risiko kanker, menurut National Cancer Institute. Para ilmuwan perlu melakukan penelitian tambahan untuk mengklarifikasi dengan tepat bagaimana air fryer dan senyawa ini berkorelasi.

3. Tidak Bergaransi Menyehatkan

Air fryer mampu membuat makanan yang lebih sehat dari menggoreng secara tradisional. Tetapi perlu diingat bahwa gorengan masih tetap menjadi gorengan. Akan selalu ada efek kesehatan yang dapat dihasilkan dari konsumsi hidangan yang satu ini.

Baca Juga: Memasak Lebih Cepat dan Sehat dengan Air Fryer dan Food Steamer dari Philips


(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT