Benarkah Masak dengan Air Fryer Lebih Sehat?

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 19 Jan 2021 07:00 WIB
Benarkah Masak dengan Air Fryer Lebih Sehat? Foto: Getty Images/iStockphoto/4kodiak

Efek Positif Air Fryer

Jika digunakan secara tepat, air fryer dapat memberikan keuntungan. Keuntungannya seperti berikut ini:

1. Menurunkan Berat Badan

Asupan makanan yang digoreng lebih erat kaitannya dengan risiko obesitas. Hal ini karena makanan yang digoreng dalam cenderung tinggi lemak dan kalori. Air fryer dapat memangkas asupan lemak dan minyak sehingga akan lebih mudah untuk membuang lemak dalam tubuh.

2. Lebih Aman Daripada Menggoreng

Makanan yang digoreng secara tradisional memakai banyak minyak dapat menimbulkan percikan minyak panas. Hal ini dapat meningkatkan risiko pada keselamatan saat memasak. Sementara dengan memakai air fryer, hal tersebut tidak akan terjadi.

Benarkah Masak dengan Air Fryer Lebih Sehat?Benarkah Masak dengan Air Fryer Lebih Sehat? Foto: Getty Images/iStockphoto/4kodiak

3. Mengurangi Risiko Pembentukan Akrilamida Beracun

Menurut Badan Internasional Penelitian Kanker, akrilamida mungkin memiliki hubungan dengan perkembangan beberapa kanker, termasuk kanker endometrium, ovarium, pankreas, payudara, dan oesofagageal. Penelitian tambahan juga membuktikan adanya kaitan akrilamida dengan ginjal, kanker endometrium, atau ovarium, meskipun hasilnya belum bisa dipastikan.

Menggunakan air fryer disebut pakar kesehatan bisa mengurangi risiko pembentukan senyawa berbahaya ini pada makanan.

4. Mengurangi Risiko Penyakit

Memasak dengan banyak minyak dan sering mengonsumsi gorengan memiliki kaitan erat dengan beragam penyakit. Mengganti cara menggoreng tradisional dengan metode memasak lainnya dapat mengurangi risiko seseorang terhadap gangguan kesehatan.

Meski begitu, ada juga efek negatif yang bisa dihasilkan dari pemakaian air fryer. Apa saja? Simak informasinya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com