5 Asupan Sehat yang Cocok Dikonsumsi Usai Makan Makanan Tinggi Kolesterol

Devi Setya - detikFood Senin, 18 Jan 2021 07:00 WIB
5 Asupan Sehat yang Cocok Dikonsumsi Usai Makan Makanan Tinggi Kolesterol Foto: Getty Images/iStockphoto/IGphotography
Jakarta -

Makanan tinggi kolesterol memang enak tapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk. Agar tetap sehat, coba konsumsi teh hijau dan yogurt agar tetap sehat usai makan makanan tinggi kolesterol.


Sebut saja beberapa makanan seperti pizza, burger atau ayam goreng tepung, semua punya rasa lezat tapi tidak baik untuk tubuh. Lemak jenuh pada berbagai makanan ini menyebabkan lonjakan kolesterol jahat dalam tubuh yang berpotensi mengundang berbagai penyakit seperti jantung, hipertensi dan diabetes.

Tidak melulu jenis makanan junk food, kolesterol tinggi juga bisa berasal dari telur, keju dan jeroan meskipun jenis makanan ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Makanan seperti telur dan keju mengandung protein, kalsium dan zat besi. Tapi tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka waktu lama.

Kolesterol akan sulit dicerna tubuh sehingga keberadaannya akan mengendap di pembuluh darah dan perlahan menyumbat aliran darah. Batasi asupan makanan tinggi kolesterol agar tetap bisa makan enak namun kesehatan tetap terjaga.

Dilansir dari BoldSky (18/1) berikut 5 makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi setelah menyantap makanan tinggi kolesterol.

1. Minum air hangat

Keseimbangan mikrobiota usus sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sebuah penelitian mengatakan bahwa minum air hangat menunjukkan efek positif pada pertumbuhan mikrobiota usus. Semakin banyak miktobiota pada usus maka semakin optimal sistem kerja organ metabolisme ini.

Ketika jumlah mikrobiota usus cukup banyak, maka bakteri baik ini bisa mencerna makanan tanpa mengganggu saluran cerna. Hal ini berlaku juga pada makanan tinggi kolesterol.

Minum segelas air putih hangat untuk membantu mengurai tumpukan kolesterol yang mengendap di saluran cerna. Minum air hangat juga membuat perut terasa nyaman.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com