10 Makanan Sehat Bergizi yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

Tim detikcom - detikFood Jumat, 15 Jan 2021 06:00 WIB
10 Makanan yang Sehat Untuk Kulit Mulus dan Glowing Foto: Getty Images/GMVozd/10 Makanan Sehat Bergizi yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari
Jakarta -

Makanan sehat bergizi adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh.

Makanan sehat bergizi wajib dikonsumsi pada masa-masa pandemi COVID-19.

Makanan dan pola makan paling sehat berfokus pada makanan utuh. Perbanyak makan sayur dan buah, biji-bijian, protein, dan lemak sehat. Batasi konsumsi penambahan gula dan natrium.

Berikut 10 makanan sehat bergizi yang wajib dikonsumsi setiap hari dilansir eatingwell:

1. Telur

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi. Satu telur memiliki sekitar 70 kalori dan 6 gram protein.

Plus, kuning telur mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang membantu menjaga kesehatan mata.

Selain itu, berdasarkan penelitian, lutein dan zeaxanthin dapat menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia, penyebab utama kebutaan pada orang di atas 50 tahun.

Lutein juga dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar UV.

2. Ubi Jalar

Ubi jalar berwarna jingga cerah berkat alfa dan beta karotennya. Tubuh mengubah senyawa ini menjadi bentuk aktif vitamin A, yang membantu menjaga kesehatan mata, tulang, dan sistem kekebalan Anda.

Ubi jalar juga bekerja sebagai antioksidan, membersihkan radikal bebas pemicu penyakit. Satu ubi jalar berukuran sedang menyediakan hampir empat kali lipat nilai harian vitamin A yang direkomendasikan, ditambah beberapa vitamin C dan B6, kalium, mangan, lutein, dan zeaxanthin.

3. Brokoli

Top view of a bowl full of broccoli branches surrounded by a wooden cutting board with a entire broccoli and a kitchen knife on top, an olive oil bottle, a metal colander and a little wooden tray with salt on a grey textured backdrop. Low key DSLR photo taken with Canon EOS 6D Mark II and Canon EF 24-105 mm f/4LTop view of a bowl full of broccoli branches surrounded by a wooden cutting board with a entire broccoli and a kitchen knife on top, an olive oil bottle, a metal colander and a little wooden tray with salt on a grey textured backdrop. Low key DSLR photo taken with Canon EOS 6D Mark II and Canon EF 24-105 mm f/4L Foto: iStock

Brokoli mengandung vitamin A, C dan K yang membantu kesehatan tulang serta folat. Ada alasan lain mengapa brokoli sering menempati posisi teratas dalam daftar makanan super.

Sebab brokoli memberikan dosis sulforaphane yang sehat, sejenis isothiocyanate yang dianggap dapat menggagalkan kanker dengan membantu merangsang enzim detoksifikasi tubuh.

4. Oat

Oat adalah makanan pokok untuk sarapan dan merupakan makanan super. Oat merupakan biji-bijian utuh dan oat polos tidak memiliki tambahan gula.

Untuk makanan superfood atau camilan, konsumsi oat utuh dan ubah menjadi makanan dan camilan sehat seperti kue oat blueberry, granola buatan sendiri untuk dinikmati dengan buah dan yoghurt atau dengan selai kacang.

5. Bayam

Bayam adalah makanan sehat bergizi berikutnya. Bayam penuh dengan nutrisi penting seperti vitamin A, C, dan K serta beberapa serat, zat besi, kalsium, kalium, magnesium dan vitamin E.

Penelitian telah menemukan bahwa makan lebih banyak sayuran, seperti bayam, dapat membantu Anda menurunkan berat badan, menurunkan risiko diabetes, dan membantu melawan kanker.

Klik ke Halaman Berikutnya

6. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Selain itu juga dikenal mengandung omega-9.

Buah yang creamy ini juga merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, alpukat adalah sumber vitamin K yang baik, nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang.


7. Kacang

Kacang mengandung lemak tak jenuh ganda dan magnesium yang sehat, dua nutrisi penting untuk kesehatan jantung. Nutrisi ini juga dapat memberikan perlindungan terhadap resistensi insulin, yang dapat menyebabkan diabetes.

Senyawa antioksidan yang ditemukan dalam kacang-kacangan, termasuk asam ellagic dan resveratrol, dapat mengurangi keausan pada tubuh Anda akibat radikal bebas.

Hal itu dapat menurunkan peradangan, yang dapat mengurangi risiko kanker. Ditambah lagi, kacang-kacangan menyediakan serat tidak larut, yang menurut penelitian dapat membantu Anda tetap sehat dengan memberi makan bakteri usus yang bermanfaat.

Oleskan selai kacang di atas roti panggang, ambil segenggam kacang untuk camilan atau buat campuran makanan ringan Anda.

8. Jeruk

Fantastis! Satu Buah Jeruk Mandarin Mikan Dijual Rp 14,2 Juta di JepangFantastis! Satu Buah Jeruk Mandarin Mikan Dijual Rp 14,2 Juta di Jepang Foto: iStock

Jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C sangat penting untuk memproduksi sel darah putih dan antibodi yang melawan infeksi.

Selain itu juga merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan memainkan peran kunci dalam memproduksi kolagen yang mengencangkan kulit.


Jeruk juga tinggi serat dan folat.

9. Beri

Semua buah beri seperti stroberi, rasberi, atau bluberi adalah sumber serat yang baik. Serat membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat dan bekerja dengan baik serta baik untuk jantung dan lingkar pinggang Anda, karena sangat mengenyangkan.

Semua buah beri baik untuk Anda, jadi pastikan untuk mencampurnya dalam makanan. Di musim dingin, saat buah beri tidak sedang musim, ambil buah beku (tanpa pemanis) yang bagus untuk smoothie, oatmeal, atau dicairkan dalam yoghurt.

Rasberi, mengandung serat paling banyak dengan 8 gram per cangkir dan juga mengandung asam ellagic, senyawa dengan sifat anti-kanker.

Bluberi dalam jumlah yang sama memiliki setengah serat (4 gram), tetapi dikemas dengan antosianin, antioksidan yang dapat membantu menjaga daya ingat tetap tajam seiring bertambahnya usia.


10. Yoghurt

Yoghurt adalah makanan sehat bergizi yang wajib dikonsumsi setiap hari.

Sebab yoghurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang membantu menjaga kesehatan usus kita. Makanan ini juga kaya kalsium.

1 Cangkir yoghurt menyediakan hampir setengah dari nilai kalsium harian yang direkomendasikan dan memberikan fosfor, kalium, seng, riboflavin, vitamin B12, dan protein.

Pilih greek yoghurt untuk peningkatan protein yang lebih besar dan bila memungkinkan cari yang plain. Yoghurt yang memiliki rasa, cenderung memiliki banyak gula tambahan yang menambah kalori dan kurang memiliki nutrisi.

(nwy/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com