Manfaat Buah Zuriat untuk Mempercepat Kehamilan

Tim Detikfood - detikFood Kamis, 14 Jan 2021 07:30 WIB
buah zuriat Foto: iStock
Jakarta -

Berbagai makanan banyak diklaim dapat mempercepat kehamilan. Salah satunya buah zuriat yang dipercaya membantu pasangan suami-istri untuk mendapat momongan.

Mengonsumsi buah zuriat memang menjadi cara favorit pasutri untuk dapat momongan. Meski buah ini cukup sulit ditemukan di Indonesia, mereka rela menitip langsung kepada kerabat yang pergi beribadah di Tanah Suci.

Buah zuriat atau biasa disebut buah doum memiliki nama latin Hyphaene thebaica. Buah ini juga dikenal sebagai pohon palem Afrika. Habitat aslinya ada di sekitar hulu sungai Nil, Mesir, seperti dikutip dari laman Len-med.

Biasanya, buah zuriat berbentuk bulat berukuran 6x5 cm dan berwarna kuning hingga cokelat. Buah ini juga memiliki rasa yang manis seperti roti jahe. Karenanya, buah zuriat juga sering disebut sebagai roti jahe.

Dikutip dari Haibunda (12/1) buah ini juga kerap diekstrak dan diminum airnya untuk mendapatkan manfaat oksidan yang baik bagi tubuh. Sementara, untuk manfaat yang dapat mempercepat kehamilan sebenarnya belum ada penelitian valid yang menyatakan bahwa buah zuriat efektif untuk menyuburkan kandungan.

Namun, penelitian yang dilakukan di Mesir menyebutkan bahwa buah zuriat mengandung antioksidan. Dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung antioksidan mungkin baik untuk regenerasi sel reproduksi.

buah zuriat atau Hyphaene thebaica atau douminBuah zuriat untuk percepat kehamilan. Foto: iStock

Senyawa antioksidan bekerja dengan cara menghilangkan oksigen reaktif, senyawa tersebut diproduksi secara alami oleh tubuh. Saat seseorang mengalami stres, tubuh akan mengalami oksigen reaktif tingkat tinggi yang disebut stres oksidatif.

Stres oksidatif ini dapat merusak stres, termasuk sel telur (sperma) dan sperma yang penting untuk reproduksi. Dengan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh identik dengan peningkatan kesehatan reproduksi yang dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Karenanya mengonsumsi buah zuriat dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan. Selain potensinya yang baik menunjang kesehatan reproduksi, berbagai manfaat lain juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah zuriat.

"Kehamilan yang sehat membutuhkan perubahan fisiologis yang besar dan adaptasi metabolik dari pihak ibu. Nutrisi yang tidak memadai baik dalam bentuk gizi berlebih maupun gizi kurang, akan meningkatkan risiko dan kehamilan yang buruk baik bagi ibu dan juga janin,"ujar Dr Joshua Klein, ahli endokrinologi reproduksi seperti dikutip dari laman Global News.

Apa saja yang harus diasup oleh para calon ibu agar cepat hamil? Dapatkan informasinya DI SINI !



Simak Video "Selamat Tinggal! Cheetos, Lays dan Doritos Tak Lagi Dijual di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com