Mau Hamil Harus Jaga Berat Badan. Ini Makanan yang Bisa Dikonsumsi

Nurcholis Ma'arif - detikFood Jumat, 04 Okt 2019 16:54 WIB
Foto: Gracious Healthy Catering. Foto: Gracious Healthy Catering.
Jakarta -

Berat badan menjadi salah satu penyebab seorang perempuan belum bisa hamil atau dikenal dengan Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS). Singkatnya, wanita tersebut memiliki sel telur lebih kecil dan tidak siap dibuahi karena lemak tubuh yang banyak dan tidak normal.

Biasanya dokter akan selalu menyarankan untuk menurunkan berat badan. Namun, banyak juga tawaran untuk menurunkan berat badan secara instan meskipun sebenarnya tidak sehat dan akan memiliki efek lain ke depannya.

Dr. Boy Abidin, dokter ahli gizi menyarankan seorang perempuan yang didiagnosa PCOS dan ingin menurunkan berat badan agar melakukannya secara sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang.

"Karbohidrat diperlukan untuk metabolisme tubuh, protein hewani dan nabati harus ada, boleh telur, ikan, dan daging. Berikutnya ada lemak dalam bentuk lemak tak jenuh, jangan dari yang goreng-goreng, kalau bisa dari yang direbus. Lalu ada sayur dan buah, bagus untuk metabolisme karena mengandung mineral," ucap Dr. Boy.

"Ujungnya, berat badan bisa turun. Satu bulan cukup satu kilo. Teorinya kan 5% dari berat badan sekarang. Tapi ingat, yang turun lemak tubuhnya, bukan cairannya. Jadi, wanita yang didiagnosa PCOS, mulai sekarang turunkan berat badan dengan yang sehat," sambungnya.

Selain makanan yang sehat, Dr. Boy juga menyarankan rutin olahraga dan teratur. Jika kedua ini sudah dijalankan, maka sel telur bisa membesar dan diharapkan bisa segera hamil. Pilihan makanan yang sehat, bergizi, dan kaya akan nutrisi juga berlaku bagi perempuan yang sedang hamil, termasuk yang mengikuti program bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF). Pasalnya ada beberapa makanan yang harus dibatasi, dirutinkan, dan ditambah selama masa kehamilan demi kesehatan calon ibu dan buah hati.

Foto: Gracious Healthy Catering.

Misalnya, menghindari makanan yang mengandung merkuri dan membatasi minuman berkafein serta memilih makan organik guna menghindari gangguan hormon. Perempuan yang hamil juga seharusnya meningkatkan makanan yang bergizi tinggi, terutama yang mengandung omega 3 tinggi, protein, vitamin, dan zat seng (zinc).

Untuk memudahkan mendapat makanan yang bergizi dan kaya akan nutrisi, perempuan yang sedang menurunkan berat badan atau sedang program hamil, sebenarnya bisa memanfaatkan Gracious Healthy Catering.

Pasalnya Gracious Healthy Catering merupakan catering yang dirancang khusus membantu perempuan yang sedang diet dan calon ibu untuk memberikan nutrisi yang tepat. Apalagi menunya mengandung makanan sehat dan bergizi yang telah dirancang tim ahli gizi.

Ada beberapa paket makanan yang bisa dipilih di antaranya paket IVF program bayi tabung, paket masa kehamilan complete, paket program kehamilan, dan paket menurunkan berat badan. Setiap paket terdiri dari menu makan siang dan malam serta disesuaikan kebutuhan masing-masing konsumen.

Makanan ini terdiri dari menu pokok, vitamin, snack, buah-buahan, dan jus sehat. Menariknya, setiap menu bervariasi, memiliki rasa yang enak, dan tentunya dijamin sehat. Adapun info selengkapnya tentang Gracious Healthy Catering bisa cek di sini.





Simak Video "Salenco, Kafe Sehat dengan Sajian Menu yang Memanjakan Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)