7 Sayuran Penurun Darah Tinggi yang Mudah Didapatkan

Tim detikcom - detikFood Kamis, 14 Jan 2021 05:00 WIB
Fresh homegrown celery in home garden pot Foto: Getty Images/iStockphoto/CoinUp/7 Sayuran Penurun Darah Tinggi yang Mudah Didapatkan


4. Swiss Chard

Swiss chard adalah sayuran penurun darah tinggi.

Sayuran berdaun hijau ini dikemas dengan nutrisi pengatur tekanan darah, termasuk kalium dan magnesium.

Magnesium penting untuk regulasi tekanan darah. Ini membantu mengurangi tekanan darah melalui beberapa mekanisme, termasuk dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami, yang menghalangi pergerakan kalsium ke dalam sel jantung dan arteri, memungkinkan pembuluh darah rileks.


5. Wortel

Wortel adalah sayuran yang renyah, manis, dan bergizi. Sayuran itu bahkan termasuk sayuran pokok dalam makanan banyak orang.

Wortel mengandung senyawa fenolik tinggi, seperti asam klorogenik, p-coumaric, dan caffeic, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Meskipun wortel dapat dinikmati dimasak atau mentah, memakannya mentah mungkin lebih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah studi yang melibatkan 2.195 orang berusia 40-59 tahun menemukan bahwa asupan wortel mentah secara signifikan dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah.

6. Tomat

Tomat kaya akan banyak nutrisi, termasuk potasium dan pigmen likopen karotenoid.

Likopen secara signifikan dikaitkan dengan efek menguntungkan pada kesehatan jantung, dan makan makanan tinggi nutrisi ini, dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

7. Seledri

Makanan penurun darah tinggi berikutnya yakni seledri. Seledri adalah sayuran populer yang memiliki efek positif pada tekanan darah.

Sayuran ini mengandung senyawa yang disebut phthalides, yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(nwy/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com