7 Sayuran Penurun Darah Tinggi yang Mudah Didapatkan

Tim detikcom - detikFood Kamis, 14 Jan 2021 05:00 WIB
Fresh homegrown celery in home garden pot Foto: Getty Images/iStockphoto/CoinUp/7 Sayuran Penurun Darah Tinggi yang Mudah Didapatkan
Jakarta -

Hipertensi atau tekanan darah tinggi, adalah faktor risiko paling umum yang dapat dicegah.

Perubahan gaya hidup, termasuk modifikasi pola makan, dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah ke kisaran optimal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengikuti diet bergizi dan sehat jantung disarankan untuk semua orang dengan tekanan darah tinggi.

Diet sehat sangat penting untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga tingkat optimal, dan penelitian telah menunjukkan bahwa memasukkan makanan tertentu seperti sayuran ke dalam makanan Anda, terutama yang tinggi nutrisi, mengurangi tingkat tekanan darah Anda.

Berikut sayuran penurun darah tinggi yang mudah didapatkan dilansir healthline:


1. Bayam

Bayam kaya akan nitrat. Bayam juga mengandung dengan antioksidan, kalium, kalsium, dan magnesium.

Karena itu bayam pilihan yang sangat baik untuk orang pengidap tekanan darah tinggi.

Sup bayam juga menurunkan kekakuan arteri, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

2. Brokoli

Brokoli dikenal karena banyak efek menguntungkannya pada kesehatan, termasuk kesehatan sistem peredaran darah Anda.

Brokoli kaya dengan antioksidan flavonoid, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh Anda.

Sebuah studi yang memasukkan data dari 187.453 orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 4 atau lebih porsi brokoli per minggu memiliki risiko lebih rendah terkena tekanan darah tinggi dibandingkan mereka yang mengonsumsi brokoli sebulan sekali atau kurang.

3. Bit

Bit tinggi nitrat, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan dapat menurunkan tekanan darah.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menambahkan bit ke dalam makanan Anda dapat membantu meningkatkan tekanan darah yang sehat.

Sebagai contoh, sebuah penelitian selama 2 minggu pada 24 orang dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengonsumsi 8,4 ons (250 mL) jus bit dan 8,8 ons (250 gram) bit yang dimasak secara signifikan menurunkan tekanan darah.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com