ADVERTISEMENT

5 Tips dan Rahasia Kulit Glowing Orang Korea dari Asupan Makanan

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 14 Jan 2021 11:00 WIB
makeup glowing
Foto: shutterstock
Jakarta -

Orang Korea Selatan terkenal cantik dan tampan serta kulitnya yang begitu sehat. Ternyata, ada makanan khas Korea yang bisa bikin kulit jadi sehat dan glowing.

Membicarakan Korea Selatan pasti akan terbayang dengan kecantikan, ketampanan serta kulit orang-orangnya yang sehat. Bukan hanya kesehatan kulit, orang Korea Selatan juga memiliki tubuh yang bugar.

Hal ini terlihat dari sosok-sosok artis atau idola di Korea Selatan. Terlihat bagaimana kulit mereka yang begitu sehat dan stamina yang terjaga. Hal ini ternyata bisa didapatkan dari kebiasaan dan pola makan orang Korea.

Menurut Korea Food Research Institute, secara tradisional pola makan di Korea Selatan berpegang pada asupan sayuran yang banyak, konsumsi makanan rendah lemak, membatasi konsumsi daging merah serta menggunakan banyak ramuan obat.

Umumnya, di Korea, masakannya lebih banyak terdiri dari daging panggang, ikan, sayuran yang dikukus, makanan fermentasi, nasi dan juga teh.

Dilansir dari Beauty Tap (19/6), ternyata ini tips dan rahasia kulit glowing ala orang Korea yang bisa didapat dari makanan:

Kimchi dan Makanan Fermentasi

Kimchi dan Po Chai Picu Perseteruan Antara China dan Korea Selatan5 Tips dan Rahasia Kulit Glowing Orang Korea dari Asupan Makanan Foto: Getty Images/iStockphoto/Nungning20

Menurut The Nutrition Society, kimchi adalah sayuran yang paling banyak dikonsumsi di Korea Selatan. Konsumsi kimchi mengandung banyak manfaat seperti mengendalikan kolesterol, menurunkan berat badan, meningkatkan imunitas serta mampu mengobati dermatitis atopik.

Hampir di semua restoran di Korea Selatan, kimchi menjadi hidangan pelengkap yang akan selalu disajikan. Ternyata, makanan fermentasi semacam ini memang memiliki manfaat yang sangat baik.

"Fermentasi adalah proses ketika bakteri atau ragi memakan gula alami makanan. Melalui fermentasi, berbagai mikroorganisme hidup diciptakan, beberapa di antaranya adalah probiotik. Probiotik berperan dalam kesehatan usus karena membantu tubuh melawan bakteri berbahaya," kata Stacy Leung.

Keajaiban Rumput Laut

Sup rumput laut5 Tips dan Rahasia Kulit Glowing Orang Korea dari Asupan Makanan Foto: YouTube

Rumput laut dianggap sebagai makanan sehat sejak zaman Korea kuno. Sup rumput laut, atau biasa disebut miyeokguk, melambangkan kesehatan yang baik dan sering dikonsumsi saat seseorang ulang tahun atau setelah wanita melahirkan di Korea Selatan.

Baca Juga: Netizen Coba 5 Diet Artis Korea, Mana yang Paling Efektif?

Di Korea Selatan, masyarakatnya benar-benar begitu menyukai rumput laut. Bahkan, budidaya rumput laut di Korea Selatan dilakukan secara besar-besaran. Selain sebagai sup, rumput laut juga bisa dinikmati sebagai lauk, bahan membuat kimbab atau sebagai camilan kering.

"Rumput laut mengandung banyak manfaat kesehatan termasuk vitamin K, C, dan kalsium. Tetapi manfaat utamanya karena kandunganyodiumnya. Kekurangan yodium dapat mempengaruhi tiroid dan menyebabkan kelelahan, kelemahan otot, dan kolesterol tinggi," kata AlanaKessler.

Kebiasaan Minum Teh Orang Korea

Warga Inggris Tercatat Konsumsi 61 Miliar Teh Celup Setahun5 Tips dan Rahasia Kulit Glowing Orang Korea dari Asupan Makanan Foto: Mirror.uk

Jika di negara Barat orang-orangnya senang minum soda, di Korea Selatan teh sama terkenalnya dengan soda di negara Barat. Orang Korea Selatan begitu kecanduan dengan teh.

Mereka menikmati teh untuk rasanya dan sensasi rileks yang ditimbulkan usai meminumnya. Tetapi memilih teh berdasarkan khasiat yang dikandungnya juga menjadi pertimbangan utama untuk mengonsumsi secangkir teh.

Teh yang paling populer di Korea Selatan antara lain teh barley, ginseng dan teh hijau. Menurut para ahli gizi, kandungan ketiga teh ini menjadi teh terbaik yang dapat memberikan manfaat dan keuntungan yang sangat banyak bagi tubuh.

Sup dan Rebusan Kaya Kolagen

Resep Sup Ayam untuk Flu, Begini Cara Membuatnya5 Tips dan Rahasia Kulit Glowing Orang Korea dari Asupan Makanan Foto: Getty Images/iStockphoto/AnnaPustynnikova

Kolagen akan digunakan di hampir setiap hidangan sup atau rebusan di Korea Selatan. Misalnya, di Korea Selatan kamu akan menemukan kaldu ayam yang begitu kental, makanan laut, daging sapi serta tulang yang populer digunakan sebagai bahan dasar kuah sup atau hidangan rebusan.

Kolagen menjadi kandungan yang dapat menjadi suplemen kulit untuk efek peremajaan. Saat seseorang semakin tua, kulit akan mulai kehilangan kekenyalan dan kelembabannya yang kemudian akan mulai timbul kerutan-kerutan. Kolagen membantu mengatasi berbagai masalah tersebut.

"Penelitian telah menunjukkan dalam studi pada wanita dewasa yang cukup berumur bahwa mengonsumsi suplemen kolagen membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan keriput. Namun, studi yang dilakukan pada wanita yang lebih muda tidak menunjukkan peningkatan apa pun," kata Hagar.

Alkohol Tradisional Korea yang Baik Untuk Kulit

Anak-anak di India Diberi Minum Alkohol5 Tips dan Rahasia Kulit Glowing Orang Korea dari Asupan Makanan Foto: India Today

Makgeolli adalah minuman alkohol tradisional berbahan beras dengan rasa sedikit manis yang mengandung sekitar 6 hingga 8 persen alkohol. Minuman beralkohol ini kaya akan probiotik yang bermanfaat bagi sistem pencernaan dan kulit.

Makgeolli mengandung asam amino dan vitamin B yang membantu mengencangkan dan mencerahkan kulit. Tetapi mengingat makgeolli adalah minuman beralkohol, maka konsumsi makgeolli harus tetap dibatasi dan tidak berlebihan.

"Memang benar bahwa vitamin B, khususnya vitamin B3, dapat mengobati jerawat dan noda pada kulit dan probiotik juga baik untuk kesehatan usus. Dengan kandungan alkohol 6 hingga 8 persen, ukuran penyajian makgeolli yang direkomendasikan adalah sekitar 1 x 236 ml untuk seorang wanita dan 2 x 236 ml untuk pria," kata Leung.

Baca Juga: Rahasia Diet YouTuber Korea yang Berhasil Turun 50 Kg dalam 2 Tahun!



Simak Video "Bayar Rp 150 Ribu Bisa Makan Seafood Sepuasnya di Tepian Rasa! "
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT