10 Makanan Penghilang Stres yang Enak dan Menyehatkan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 13 Jan 2021 10:00 WIB
stress Foto: Shutterstock

4. Bawang putih

Tergolong sebagai bumbu dapur, bawang putih punya sejuta manfaat sehat. Bawang putih tinggi senyawa sulfur yang bantu meningkatkan kadar glutathione. Antioksidan ini adalah bagian dari garis pertahanan pertama tubuh saat melawan stres.

Percobaan pada binatang juga menunjukkan efek positif bawang putih untuk meredakan stres dan mengurangi gejala keresahan dan depresi.

5. Brokoli

Top view of a bowl full of broccoli branches surrounded by a wooden cutting board with a entire broccoli and a kitchen knife on top, an olive oil bottle, a metal colander and a little wooden tray with salt on a grey textured backdrop. Low key DSLR photo taken with Canon EOS 6D Mark II and Canon EF 24-105 mm f/4LFoto: iStock

Brokoli terkenal sebagai super food. Konsumsinya rutin bisa bantu seseorang terhindar dari risiko penyakit jantung, kanker, hingga depresi.

Brokoli mengandung magnesium, vitamin C, dan folat yang ampuh melawan gejala-gejala depresi.

Baca Juga: Sedang Stres? Perbanyaklah Konsumsi 11 Makanan Ini

6. Teh chamomile

Minum teh dikenal dengan manfaatnya yang bikin relaks. Pilihlah teh chamomile untuk mengusir stres.

Chamomile telah terbukti bisa membuat tidur lebih nyenyak dan mengurangi gejala keresahan dan depresi. Penelitian menunjukkan partisipan yang mengonsumsi ekstrak chamomile memiliki kadar kortisol saliva yang lebih rendah.

7. Biji bunga matahari

ilustrasi biji bunga matahariFoto: ilustrasi/thinkstock

Makanan penghilang stres selanjutnya adalah biji bunga matahari. Tinggi kandungan vitamin E, bijian ini juga bersifat sebagai antioksidan yang kuat dan penting untuk menjaga kesehatan mental.

Biji bunga matahari juga mengandung nutrisi pereda stress seperti magnesium, mangan, selenium, zinc, dan vitamin B.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com