5 Camilan Sehat untuk Diet yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

Diah Afrilian - detikFood Senin, 11 Jan 2021 19:30 WIB
5 Camilan Sehat untuk Diet yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur Foto: Getty Images/iStockphoto/Tatyana Berkovich
Jakarta -

Di malam hari banyak orang sering merasa lapar. Untuk mengatasinya, ada 5 camilan sehat untuk diet yang baik dikonsumsi sebelum tidur.

Lapar saat malam sering tiba-tiba terjadi. Baik lapar karena fisik maupun lapar emosional.

Namun beberapa ahli gizi memperingatkan bahwa ngemil malam sangat berbahaya bagi kesehatan. Terutama jika camilan yang dipilih mengandung kalori dan gula tinggi.

Konsumsi camilan malam yang tidak tepat memang memiliki efek merusak kesehatan. Mulai dari menambah berat badan secara cepat hingga menimbulkan banyak gejala penyakit berbahaya.

Untuk mencegah serangan rasa lapar di malam hari, kamu bisa mengonsumsi jenis camilan yang tepat. Dilansir dari Today (30/12), berikut 5 camilan sehat untuk diet yang baik dikonsumsi sebelum tidur:

1. Popcorn dan buah kering

5 Camilan Sehat untuk Diet yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur5 Camilan Sehat untuk Diet yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur Foto: Getty Images/iStockphoto/Tatyana Berkovich

Camilan sehat untuk diet ini terbuat dari popcorn, kacang-kacangan, dan buah kering. Komposisi camilan seperti ini sangat tepat jika ingin dijadikan sebagai camilan malam hari karena mengandung nutrisi yang baik.

Karbohidrat pada popcorn akan membantu tubuh merasa relaks, lalu magnesium pada kacang juga memberikan sensasi tenang. Pemanis alami yang ada pada buah-buahan kering juga akan jauh lebih aman dibanding makanan ringan dengan kalori dan gula tambahan yang cukup tinggi.

Baca Juga: Lapar Jelang Tidur? Ini 8 Camilan yang Bisa Jadi Pilihan

2. Oatmeal

Bukan hanya saat sarapan pagi, oatmeal juga cocok dinikmati saat malam hari. Oatmeal mengandung karbohidrat yang dicerna secara perlahan oleh tubuh serta 4 gram serat yang akan memberikan rasa kenyang.

Oatmeal bisa menjadi camilan yang mengenyangkan tetapi tetap rendah gula dan kalori untuk dinikmati saat malam. Tambahkan pisang untuk mengasup lebih banyak kalium yang bermanfaat membantu mengatasi kram pada kaki saat malam hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com