ADVERTISEMENT

9 Makanan Penurun Gula Darah Secara Cepat untuk Penderita Diabetes

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 10 Jan 2021 07:00 WIB
Preparing scrambled eggs in a pan, close-up.
Foto: iStock

7. Biji Chia

Chia Seed Efektif Bantu Turunkan Berat Badan, Ini AlasannyaChia Seed Efektif Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Alasannya Foto: iStock

Biji chia berukuran kecil, tetapi dapat memberikan manfaat yang besar. Biji chia menjadi sumber asam amino yang baik dan mengandung protein juga serat. Semua sifat ini membuat biji chia bisa jadi makanan penurun gula darah yang baik.

Biji chia kaya akan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan hati dan metabolisme tubuh. Asam lemak omega 3 juga memicu kesehatan otak dan membantu untuk merasa lebih segar sepanjang hari.

8. Wheatgrass

Wheatgrass alias rumput gandum sebenarnya agak manis dan salah satu makanan penuh energi yang dapat dimakan untuk menurunlkan gula darah, detoksifikasi serta melancarkan pencernaan. Rumput gandum juga bebas gluten karena berasal dari rumput dan bukan biji-bijian dari gandum.

Rumput gandum menjadi sumber asam amino yang kaya, serat, vitamin, mineral, dan klorofil, pigmen yang membuatnya begitu indah berwarna hijau. Klorofil pada tumbuhan hijau adalah salah satu nutrisi yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan cepat.

9. Ikan

Satu lagi makanan penurun gula darah yang baik, ikan. Ikan mengandung manfaat kesehatan termasuk protein tanpa lemak, zat besi, lemak sehat, dan vitamin B bersama dengan mineral seperti magnesium dan kalium. Ikan adalah makanan yang bagus untuk menurunkan kadar gula darah karena kandungan nutrisi baiknya secara keseluruhan.

Ikan yang lebih efektif untuk menurunkan gula darah adalah ikan yang hidup di alam bebas seperti salmon liar, nila, serta tuna. Hindari ikan yang digoreng atau diolah dengan minyak dalam jumlah banyak. Penting juga untuk memilih ikan liar daripada ikan tambak untuk menghindari polutan beracun, merkuri, dan pestisida.

Baca Juga: 12 Makanan dan Minuman Ini Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah



Simak Video "61,27% Penduduk RI Konsumsi Minuman Manis Lebih dari 1 Kali per Hari"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT