5 Efek Dan Bahaya Minum Kopi, Bikin Stres dan Picu Kanker

Devi Setya - detikFood Jumat, 08 Jan 2021 05:00 WIB
Cara Minum Kopi untuk Menurunkan Berat Badan Foto: iStock

4. Mengganggu proses penyerapan makanan


Percuma saja mengonsumsi salad dan makanan sehat jika kamu menyertainya dengan minum kopi. Kopi yang masuk ke dalam perut akan mengundang gerak peristaltik yang membuat kamu merasa ingin buang air besar.

Kopi memang membuat mulas dan terkadang dianggap efektif membantu melancarkan saluran cerna. Tapi proses ini kadang terjadi meskipun tubuh belum maksimal menyerap nutrisi dari makanan.

Kopi juga mempengaruhi proses penyerapan zat besi termasuk kalsium,seng, magnesium dan berbagai mineral penting lainnya. Percuma saja mengasup makanan tinggi nutrisi kalau masih rutin minum kopi karena kandungan mineral tidak bisa diserap dengan baik.

5. Penyebab kanker dan stres

Tragis! 5 Orang Ini Meninggal Usai Minum Kopi5 Dampak Buruk Minum Kopi, Bikin Stres dan Picu Kanker Foto: Getty Images/iStockphoto/TiSanti

Akrilamida adalah zat yang berpotensi karsinogenik atau penyebab kanker. Zat ini terbentuk saat biji kopi dipanggang pada suhu tinggi.

Semakin gelap warna biji kopi, semakin tinggi kemungkinan kadar akrilamida. Faktanya, kopi telah terbukti menjadi salah satu sumber utama pemicu timbulnya sel kanker. Kurangi konsumsi kopi yang dipanggang terlalu pekat atau kurangi asupan kopi harian jika ingin tetap mendapat efek positifnya.

Kopi juga kerap diandalkan untuk membuat kamu tetap fokus berkonsentrasi, tapi nyatanya kopi juga menyebabkan ketegangan dan membuat stres. Pikiran yang terus menerus dipaksa untuk fokus bukanlah hal yang baik, pikiran juga memerlukan waktu untuk rileks.

Jadi jangan paksa pikiran untuk tetap fokus, beri kesempatan juga untuk rileks dan santai. Kopi yang dikonsumsi terus menerus akan membuat penikmatnya merasa lelah dan stres.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Menikmati Kehangatan Kopi Bir Khas Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com