5 Efek Dan Bahaya Minum Kopi, Bikin Stres dan Picu Kanker

Devi Setya - detikFood Jumat, 08 Jan 2021 05:00 WIB
Cara Minum Kopi untuk Menurunkan Berat Badan Foto: iStock
Jakarta -

Kopi memang dikenal dengan sederet manfaat sehatnya tapi bukan berarti tak punya dampak negatif. Konsumsi kopi bahkan bisa membuat orang menjadi stres dan memicu hadirnya sel kanker.

Para pencinta kopi harus tahu kalau minuman hitam yang diseruputnya setiap hari tidak melulu membawa dampak positif. Para peneliti sudah membuktikan, kopi juga bisa menjadi racun dalam tubuh.

Dilansir dari Thrive Strive (8/1) kopi dengan karakter, jenis dan porsi tertentu bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Hal ini sama sekali bukan melarang kamu menikmati kopi tapi agar lebih bijak mengonsumsi kopi dalam porsi yang wajar.

Berikut dampak buruk konsumsi kopi yang perlu kamu ketahui :

1. Pemicu kembung dan masalah pencernaan

Woman Stomach Ache5 Dampak Buruk Minum Kopi, Bikin Stres dan Picu Kanker Foto: Istock

Buat kamu yang hobi menikmati kopi saat perut dalam keadaan kosong, cobalah hentikan kebiasaan ini. Kopi yang masuk ke dalam lambung yang kosong akan memicu produksi asam klorida.

Jika asam klorida jumlahnya berlebih, maka lambung dan organ pencernaan lain akan mengalami kesulitan untuk mencerna makanan. Termasuk memecah makanan yang mengandung protein.

Makanan yang belum dicerna dengan baik ini akan langsung memasuki usus kecil. Dampaknya bukan hanya mengalami sakit perut tapi juga kembung, perut penuh gas, iritasi usus besar bahkan yang paling parah yakni hadirnya kanker usus besar.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Unik! Menyeruput Kopi Rasa Nasi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com