Kalori Oatmeal dan Kesalahan dalam Menikmati Semangkuk Oatmeal

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 07 Jan 2021 07:00 WIB
Bowl with delicious oatmeal, egg and avocado on wooden table Foto: iStock
Jakarta -

Oatmeal menjadi salah satu menu andalan bagi seseorang yang sedang menjalankan diet. Oatmeal mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang selama berjam-jam.

Oatmeal yang terdiri dari biji-bijian utuh mengandung serat yang dapat membantu mengatur kolesterol Anda.

Dikutip dalam Womens Health Mag, dalam 1 cup atau 80 gram oatmeal mengandung kalori sebesar 158 kkal, protein 4 gram, lemak 3,2 gram, karbohidrat 7 gram, dan serat 4 gram.

Meskipun mengandung banyak nutrisi yang dapat menunjang penurunan berat badan. Akan tetapi penyajian yang salah bisa membuat berat badan justru bertambah. Agar bobot badan tak naik, sebaiknya jangan makan oatmeal dengan cara ini:

1. Porsi terlalu besar

Karena dikenal sebagai makanan sehat, banyak orang yang akhirnya mengonsumsi oatmeal secara berlebihan. Sebaiknya, seduh 40 gram oatmeal kering dengan sedikit air. Kemudian tambahkan beberapa topping buah untuk menambah volumenya. Ini akan menambah kandungan serat di dalamnya.

2. Menambahkan gula

Untuk meningkatkan rasa manis, banyak orang yang menambahkan gula sebagai penambah rasa oatmeal. Akan tetapi gula tersebut justru bisa menambah kalori.

Kesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan NaikKesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan Naik Foto: Getty Images/iStockphoto/Foxys_forest_manufacture

3. Menambahkan banyak buah kering

Buah kering mengandung gula yang cukup tinggi. Artinya Anda mendapatkan semua gula dalam kemasan yang jauh lebih kecil. Sebaiknya pilih buah segar atau beku untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Tidak menambahkan cukup protein

Oatmeal sebaiknya disajikan dengan paduan protein untuk menyeimbangkan kebutuhan zat gizi. Protein seperti kacang-kacangan ataupun potongan daging bisa jadi pilihan sebagai pendamping makan oatmeal yang lebih sehat. Selain itu susu dan yogurt juga bisa ditambahkan sebagai pasokan protein selama mengonsumsi oatmeal.

Kesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan NaikKesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan Naik Foto: Getty Images/iStockphoto/Foxys_forest_manufacture

5. Menambahkan susu tinggi lemak

Jika Anda sedang berdiet, sebaiknya pilih susu yang rendah lemak. Secangkir susu lemak utuh (full cream) bisa mengandung 150 kalori dan mengandung 16 gram gula. Agar lebih rendah kalori, oatmeal juga bisa dicampurkan dengan susu almond.



Simak Video "Kupas Tuntas Plant Based Diet yang Kini Jadi Tren"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com