7 Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Bergizi, Bikin Kenyang Lebih Lama

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 07 Jan 2021 06:00 WIB
Manfaat makan alpukat tiap hari Foto: Getty Images/iStockphoto/serezniy
Jakarta -

Menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi ada banyak jenisnya. Kalau mau kenyang lebih lama, menu sarapan ini bisa dijadikan pilihan. Cocok untuk kamu yang lagi diet.

Sarapan merupakan asupan makanan pertama yang akan diterima tubuh di pagi hari. Sarapan punya peranan penting karena nutrisi makanan akan digunakan oleh tubuh menjadi energi sepanjang hari.

Asupan makanan yang dipilih saat sarapan juga harus diperhatikan agar tubuh mendapat cukup nutrisi. Nutrisi yang didapatkan pada saat sarapan menjadi dorongan pertama bagi tubuh untuk mulai berfungsi secara normal.

Beberapa bahan makanan bahkan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan membuat kenyang lebih lama. Ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang memiliki aktivitas padat sepanjang hari.

Mengutip dari Eat This, Not That! (1/1) berikut 7 menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi, serta mempertahankan rasa kenyang lebih lama:

1. Chia Seeds

7 Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Bergizi, Bikin Kenyang Lebih Lama7 Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Bergizi, Bikin Kenyang Lebih Lama Foto: Getty Images/iStockphoto/adrian825

Chia seeds atau biji chia banyak direkomendasikan ahli gizi untuk dikonsumsi. Biji chia mengandung serat yang sangat tinggi sehingga bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

"Biji chia mengandung 5 gram protein dan 10 gram serat dalam setiap 2 sendok makannya. Biji chia menjadi pilihan menu sarapan yang sangat berenergi," kata ahli gizi Lauren Minchen.

2. Selai Kacang

Selai kacang menjadi pilihan yang tepat untuk olesan roti di pagi hari. Selai kacang bisa memasok cukup nutrisi pada pagi hari.

Selai kacang mengandung serat yang akan membantu mengendalikan lapar bahkan hingga 12 jam. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang telah dilakukan oleh jurnal Nutrisi British. Pilihlah selai kacang alami yang tidak memiliki bahan tambahan seperti gula atau bahan pengawet.

Baca Juga: Sudah Sarapan Tapi Masih Lapar? Ini 5 Penyebabnya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com