Rutin Minum Espresso Bikin Panjang Umur, Ini Kata Peneliti

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 07 Jan 2021 05:00 WIB
Rutin Minum Espresso Bikin Panjang Umur, Ini Kata Peneliti Foto: Getty Images/Adam Smigielski
Jakarta -

Espresso adalah air kopi yang dihasilkan dari mesin ekstraksi. Rutin minum espresso disebut peneliti bermanfaat cegah penyakit dan bikin panjang umur.

Espresso adalah minuman kopi yang dihasilkan dari proses ekstraksi biji kopi giling dengan semburan air panas di bawah tekanan tinggi. Proses ini dilakukan dengan mesin espresso. Espresso punya ciri khas disajikan dalam cangkir kecil.

Mengenai asal-usulnya, kata espresso berasal dari bahasa Italia yang berarti "express" atau "cepat". Pasalnya minuman kopi ini dibuat untuk disajikan dengan segera pada pelanggan.

Pencinta kopi sejati biasanya mengincar espresso yang merupakan inti atau bahan dasar banyak racikan minuman kopi. Sebut saja cappuccino, macchiato, atau cafe latte yang semuanya diracik dari espresso.

Rutin Minum Espresso Bikin Panjang Umur, Ini Kata PenelitiRutin Minum Espresso Bikin Panjang Umur, Ini Kata Peneliti Foto: Getty Images/Adam Smigielski

Espresso identik dengan rasa pahit saja, tapi sebenarnya espresso juga bisa memiliki profil rasa berbeda tergantung dari biji kopi yang dipakai.

Di Italia, espresso begitu populer di coffee shop sampai-sampai bisa bikin antrean di pagi hari. Ternyata selain nikmat, para peminum espresso bisa merasakan manfaat sehatnya.

Baca Juga: Ini 4 Tahap dalam Pressure Bar Ekstraksi Espresso

Dikutip dari Eat This Not That (6/1), penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam The Journal Nutrition pada 31 Desember 2020 mengungkapnya.

Peneliti melihat hubungan antara konsumsi espresso harian 20.487 partisipan dengan kesehatannya. Mereka yang dipilih adalah yang tidak alami penyakit kardiovaskular atau kanker di awal penelitian.

Kemudian para partisipan diminta minum 30 ml espresso (setara 1 shot) atau lebih setiap harinya. Hal ini mereka lakukan selama lebih dari 8 tahun.

Rutin Minum Espresso Bikin Panjang Umur, Ini Kata PenelitiRutin Minum Espresso Bikin Panjang Umur, Ini Kata Peneliti Foto: Getty Images/Adam Smigielski

Berdasarkan informasi pola makan partisipan, peneliti menemukan mereka yang minum espresso sekitar 3-4 shot setiap hari memiliki tingkat kematian yang lebih rendah secara keseluruhan, dibanding mereka yang tidak minum espresso.

"(Konsumsi) kopi gaya Italia ini dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari semua penyebab dan khususnya kematian akibat penyakit kardiovaskular," ujar penulis penelitian.

Mereka meyakini hal ini karena senyawa spesifik dalam espresso bernama NTproBNP. Jadi, kalau kamu yang ingin menjaga kesehatan, tak ada salahnya rutin menikmati espresso.

Baca Juga: Rutin Minum 2 Cangkir Kopi Hitam Sehari Bikin Panjang Umur

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com