Kalori Jagung Rebus dan Jagung Bakar, Samakah?

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 06 Jan 2021 13:30 WIB
Makan Mie Jagung Berusia Setahun, Keluarga Ini Tewas Keracunan Foto: iStock/Tasty
Jakarta -

Kalori jagung rebus dan jagung bakar tentu berbeda. Hal ini dikarenakan dari proses pembuatannya. Jagung rebus tidak dicampurkan apa-apa. Akan tetapi untuk jagung bakar tentu ditambahkan olesan margarin sehingga menghasilkan aroma yang lebih nikmat.

Jagung merupakan salah satu sayuran yang memiliki rasa manis. Dalam proses pengolahannya, jagung enak disantap dengan cara direbus ataupun dibakar.

Dikutip dalam Mayo Clinic, jagung memiliki beberapa manfaat kesehatan salah satunya adalah serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

Selain itu, jagung juga mengandung vitamin B yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan juga memiliki mineral penting seperti zinc, magnesium, zat besi dan mangan.

Jagung merupakan sumber antioksidan karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata.

Antioksidan lain yang dikandung dalam jagung adalah quercetin yang telah terbukti dapat memerangi peradangan akut dan kronis serta melindungi dari penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer.

Dalam 100 gram jagung rebus mengandung kalori sebesar 35 Kkal. Sedangkan untuk kalori jagung bakar yang dimasak dengan satu sendok margarin mengandung kalori sebesar 143 Kkal

Dibandingkan dengan jagung rebus, jagung bakar lebih sering dibuat sebagai pendamping makan steak ataupun sosis bakar. Jika ada rencana untuk membuat jagung bakar di rumah, sebaiknya pilih jagung manis yang tidak terlalu muda.

Kupas kulit jagung dan bersihkan dengan perlahan agar semua kulit tertarik, akan tetapi tidak terlepas dari bonggolnya.

Bersihkan juga rambut jagung yang masih menempel. Dan letakkan jagung di atas panggangan. Olesi jagung dengan margarin dan bakar jagung sekitar 10 menit.

Akan tetapi kalau mau lebih rendah kalori sebaiknya pilih jagung rebus saja yah.



Simak Video "Cara Membuat Bolu Jagung Khas Kota Palu"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com