BBQ Tahun Baru

5 Tips Bikin Jagung Bakar yang Creamy Gurih untuk BBQ

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 31 Des 2020 08:00 WIB
Grilled corn close-up Foto: iStock
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru
Jakarta -

Selain daging panggang dan sate. Jagung bakar juga cocok untuk jadi menu pelengkap di pesta BBQ malam tahun baru. Ini tips bikin jagung bakar yang creamy dan gurih.

Meski di rumah saja, tapi malam tahun baru bisa tetap meriah dengan acara pesta barbeque. Jika sudah berencana untuk menggelar pesta BBQ di rumah, selain daging bisa juga tambahkan menu pelengkap lainnya.

Salah satunya menu jagung bakar yang cocok disantap dengan aneka daging panggang dan sate. Untuk membuat jagung bakar yang enak ternyata cukup mudah. Ada beberapa bahan sederhana yang bisa membuat rasa jagung bakar ini creamy gurih.

Berikut tips jagung bakar creamy gurih dari Executive Chef Made Putra di The Laguna, a Luxury Collection Resort & Spa, Nusa Dua, Bali (30/12).

Baca Juga: 5 Ide Olahan Jagung Manis yang Enak dan Praktis, Contek Yuk!

1. Pilih jagung yang pas

jagung bakarjagung bakar Foto: iStock
jagung bakar Foto: iStock

Tentunya untuk menghasilkan jagung bakar yang enak dan gurih, yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jagungnya. Bisa dibilang kunci utama untuk jagung bakar yang enak terletak pada umur jagung.

Hindari memilih jagung yang terlalu muda atau terlalu tua. Pilihlah jagung yang masih muda dan jenis jagung manis. Tentunya jenis jagung ini punya rasa yang lebih manis saat dibakar. Untuk mengetahui jagung muda ini cukup mudah.

Perhatikan rumbai atau rambut jagung yang menjuntai di ujung. Jika rambut jagung masih berwarna kuning kecoklatan dan sedikit lengket, artinya jagung itu masih muda dan baru dipanen. Hindari membeli jagung yang rambutnya sudah menghitam dan basah, karena jagung ini biasanya sudah disimpan lama setelah dipanen.

2. Bakar tanpa kulit

jagung bakarjagung bakar Foto: iStock

Ada beberapa orang yang lebih suka membakar jagung dengan cangkang atau kulitnya. Tapi menurut Chef Made kalau mau rasanya lebih gurih, sebaiknya jagung dibakar tanpa kulit.

"Jagung bisa dibakar dengan kulit atau tanpa kulit. Tapi rasanya lebih enak dan gurih kalau dipanggang tanpa kulit. Tentunya sebelum dipanggang diolesi saus atau bumbu dulu ya, jadi rasanya tidak hanya manis saja," jelas Chef Made.

Untuk melepas jagung dari kulitnya, pertama yang tarik kulit perlahan dari bagian bawah ke pangkal jagung. Tarik secara perlahan agar semua bagian kulit terlepas dari permukaan jagung.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com