Banyak Minum Soda Saat Pesta BBQ, Bisa Picu Kegemukan dan Kanker

Devi Setya - detikFood Jumat, 01 Jan 2021 06:00 WIB
Banyak Minum Soda Saat Pesta BBQ, Bisa Picu Kegemukan dan Kanker Foto: Getty Images/iStockphoto/Bet_Noire
Jakarta -

Minum soda saat pesta bbq memang menggoda, tapi jangan kalap saat menikmatinya. Banyak risiko negatif yang bisa dialami tubuh jika terlalu banyak minum minuman soda.

Soda mengandung gula yang sangat tinggi jadi tak disarankan dikonsumsi secara rutin dan dalam jumlah berlebih. Biasanya soda jadi minuman favorit saat pesta bbq akhir tahun.

Dipadukan dengan daging panggang, soda terasa nikmat bagi beberapa orang. Ditambah lagi kalau disajikan dalam keadaan dingin, segar nikmat soda mengalir di tenggorokan. Eits tapi jangan kalap menyeruputnya karena minum soda berlebihan bisa memicu kegemukan dan kanker.

Dilansir dari Healthline (31/12) berikut beberapa dampak buruk kalau terlalu banyak minum minuman soda.

1. Membuat gemuk

Banyak Minum Soda Saat Pesta BBQ, Bisa Picu Kegemukan dan KankerBanyak Minum Soda Saat Pesta BBQ, Bisa Picu Kegemukan dan Kanker Foto: Getty Images/iStockphoto/Bet_Noire

Minum soda secara berlebihan tidak akan membuat kamu merasa kenyang. Konsumsi minuman soda saat makan juga memicu orang menyantap porsi makan lebih banyak. Sebuah penelitian mengungkap orang yang makan sambil minum soda berpotensi mengasup kalori lebih banyak hingga 17 persen.

Hal ini memberi pengaruh pada kenaikan berat badan. Orang-orang yang minum soda secara konsisten dalam jumlah berlebih, cenderung punya badan gemuk. Hal ini juga berlaku pada anak-anak.

Anak yang sering mengonsumsi soda memiliki resiko obesitas hingga 60 %. Faktanya, minuman manis termasuk soda adalah asupan yang paling membuat gemuk jika kebiasaan ini terus berlanjut maka akan menyebabkan obesitas.

2. Penyebab gigi rusak

Banyak Minum Soda Saat Pesta BBQ, Bisa Picu Kegemukan dan KankerBanyak Minum Soda Saat Pesta BBQ, Bisa Picu Kegemukan dan Kanker Foto: Getty Images/iStockphoto/Bet_Noire

Konsumsi soda dalam jumlah berlebih, berkaitan erat dengan masalah karies gigi. Laporan dari World Health Organization (WHO) dan Food and Agriculture Organization (FAO) tahun 2003. Gigi orang-orang yang gemar minum soda rutin akan mengalami kerusakan secara perlahan.

Soda bersifat asam sehingga mengikis lapisan luar gigi. Cara mencegah kerusakan pada gigi yakni dengan membatasi konsumsi soda, membilas mulut usai minum soda serta jangan menahan soda dalam mulut.

3. Pemicu diabetes

Sebuah penelitian dari American Diabetes Association pada tahun 2010 membuktikan bahwa minum satu kaleng soda atau lebih dalam sehari bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 26 persen. Meskipun demikian, diabetes ini tidak berkaitan dengan berat badan seseorang layaknya penderita diabetes pada umumnya.

Konsumsi soda bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Jika kebiasaan ini berlangsung secara terus menerus akan menyebabkan pankreas memproduksi insulin secara berlebihan. Hal ini yang menjadikan diabetes pun menyerang. Konsumsi soda berlebih juga berpotensi menyebabkan pembengkakan pada hati.

4. Soda membuat ketagihan

Banyak Minum Soda Saat Pesta BBQ, Bisa Picu Kegemukan dan KankerBanyak Minum Soda Saat Pesta BBQ, Bisa Picu Kegemukan dan Kanker Foto: Getty Images/iStockphoto/Bet_Noire

Soda membuat peminumnya merasa ketagihan. Hasil penelitian yang dilakukan pada tikus, makanan dan minuman tinggi gula dapat menyebabkan pelepasan dopamin di otak. Hal ini memberikan perasaan senang sehingga orang jadi ketagihan menikmatinya.

Secara ekstreme, para peneliti mengungkap kalau soda dan minuman manis lainnya mempengaruhi otak layaknya obat keras. Bagi orang yang cenderung kecanduan, gula dapat menyebabkan perilaku orang yang tak bisa jauh dari jenis makanan dan minuman tertentu. Kecanduan soda tentu saja akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

5. Tingkatkan resiko kanker

Satu studi yang dilakukan pada lebih dari 60.000 orang dewasa menemukan bahwa mereka yang minum 2 kaleng atau lebih soda manis per minggu memiliki 87% resiko terkena kanker lebih tinggi. Kanker ini berkaitan erat dengan kanker pankreas namun tidak menutup kemungkinan bisa terpapar kanker jenis lain.

Resiko ini semakin besar terjadi pada wanita. Wanita pascamenopause yang minum banyak soda juga berisiko lebih besar terkena kanker endometrium, atau kanker lapisan dalam rahim. Orang yang sudah memiliki riwayat kanker akan semakin memperburuk kesehatan apabila nekat konsumsi soda berlebih.



Simak Video "Pembukaan Subway Indonesia yang Timbulkan Antrean Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com