Banyak Minum Soda Saat Pesta BBQ, Bisa Picu Kegemukan dan Kanker

Devi Setya - detikFood Jumat, 01 Jan 2021 06:00 WIB
Banyak Minum Soda Saat Pesta BBQ, Bisa Picu Kegemukan dan Kanker Foto: Getty Images/iStockphoto/Bet_Noire

4. Soda membuat ketagihan

Banyak Minum Soda Saat Pesta BBQ, Bisa Picu Kegemukan dan KankerBanyak Minum Soda Saat Pesta BBQ, Bisa Picu Kegemukan dan Kanker Foto: Getty Images/iStockphoto/Bet_Noire

Soda membuat peminumnya merasa ketagihan. Hasil penelitian yang dilakukan pada tikus, makanan dan minuman tinggi gula dapat menyebabkan pelepasan dopamin di otak. Hal ini memberikan perasaan senang sehingga orang jadi ketagihan menikmatinya.

Secara ekstreme, para peneliti mengungkap kalau soda dan minuman manis lainnya mempengaruhi otak layaknya obat keras. Bagi orang yang cenderung kecanduan, gula dapat menyebabkan perilaku orang yang tak bisa jauh dari jenis makanan dan minuman tertentu. Kecanduan soda tentu saja akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

5. Tingkatkan resiko kanker

Satu studi yang dilakukan pada lebih dari 60.000 orang dewasa menemukan bahwa mereka yang minum 2 kaleng atau lebih soda manis per minggu memiliki 87% resiko terkena kanker lebih tinggi. Kanker ini berkaitan erat dengan kanker pankreas namun tidak menutup kemungkinan bisa terpapar kanker jenis lain.

Resiko ini semakin besar terjadi pada wanita. Wanita pascamenopause yang minum banyak soda juga berisiko lebih besar terkena kanker endometrium, atau kanker lapisan dalam rahim. Orang yang sudah memiliki riwayat kanker akan semakin memperburuk kesehatan apabila nekat konsumsi soda berlebih.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Perpaduan Bakmi dengan Sei Sapi"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com