Banyak Minum Soda Saat Pesta BBQ, Bisa Picu Kegemukan dan Kanker

Devi Setya - detikFood Jumat, 01 Jan 2021 06:00 WIB
Banyak Minum Soda Saat Pesta BBQ, Bisa Picu Kegemukan dan Kanker Foto: Getty Images/iStockphoto/Bet_Noire

2. Penyebab gigi rusak

Banyak Minum Soda Saat Pesta BBQ, Bisa Picu Kegemukan dan KankerBanyak Minum Soda Saat Pesta BBQ, Bisa Picu Kegemukan dan Kanker Foto: Getty Images/iStockphoto/Bet_Noire

Konsumsi soda dalam jumlah berlebih, berkaitan erat dengan masalah karies gigi. Laporan dari World Health Organization (WHO) dan Food and Agriculture Organization (FAO) tahun 2003. Gigi orang-orang yang gemar minum soda rutin akan mengalami kerusakan secara perlahan.

Soda bersifat asam sehingga mengikis lapisan luar gigi. Cara mencegah kerusakan pada gigi yakni dengan membatasi konsumsi soda, membilas mulut usai minum soda serta jangan menahan soda dalam mulut.

3. Pemicu diabetes

Sebuah penelitian dari American Diabetes Association pada tahun 2010 membuktikan bahwa minum satu kaleng soda atau lebih dalam sehari bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 26 persen. Meskipun demikian, diabetes ini tidak berkaitan dengan berat badan seseorang layaknya penderita diabetes pada umumnya.

Konsumsi soda bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Jika kebiasaan ini berlangsung secara terus menerus akan menyebabkan pankreas memproduksi insulin secara berlebihan. Hal ini yang menjadikan diabetes pun menyerang. Konsumsi soda berlebih juga berpotensi menyebabkan pembengkakan pada hati.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Perpaduan Bakmi dengan Sei Sapi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com