Makan Kekenyangan Saat Tahun Baru? Atasi dengan Konsumsi Makanan Ini

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 01 Jan 2021 05:00 WIB
Makan Kekenyangan Saat Tahun Baru? Atasi dengan Konsumsi Makanan Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/Ekaterina-84
Jakarta -

Banyak orang makan berlebih sampai kekenyangan saat merayakan pesta tahun baru. Untuk mengatasinya, coba konsumsi makanan ini.

Pesta tahun baru identik dengan makan-makan bersama keluarga dan sahabat. Tak jarang, kamu berakhir makan sampai kekenyangan karena terbawa suasana.

Mulai dari BBQ daging, jagung bakar, snack, dessert, sampai minuman manis menyegarkan. Hal ini tentu saja membuat asupan kalori berlebih,

Selain membuat perut begah, penumpukan kalori berlebih ini jika dibiarkan terus menerus dapat mengganggu kesehatan terutama pencernaan.

Pasalnya ketika tubuh menerima terlalu banyak kalori, secara otomatis tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengolah kalori yang masuk itu. Bukan tidak mungkin kamu merasakan perut kembung atau perasaan tak nyaman lainnya.

Untuk mengatasi nafsu makan berlebih, kamu bisa mengonsumsi makanan yang tepat. Dilansir dari Eating Well (20/11), berikut ini 4 makanan yang mampu mencegah kamu makan berlebih.

1. Buah-Buahan

Makan Kekenyangan Saat Tahun Baru? Atasi dengan Konsumsi Makanan IniMakan Kekenyangan Saat Tahun Baru? Atasi dengan Konsumsi Makanan Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/Ekaterina-84

Jika setelah menghabiskan makanan utama, kamu masih belum merasa kenyang dan ingin terus makan, coba konsumsi buah. Buah bisa menjadi hidangan penutup yang lebih sehat dan rendah kalori.

Makan buah yang kaya akan antioksidan dapat membantu meminimalisir radikal bebas yang muncul setelah makan. Buahan-buahan kaya antioksidan diantaranya buah berry, anggur, kiwi atau cherry.

Konsumsi buah juga bisa dalam bentuk smoothie buah atau roti gandum dengan topping buah di atasnya. Untuk camilan yang lebih sehat bisa dengan variasi campuran beberapa buah pada salad atau pelengkap makanan utama, pudding chia atau buah dengan yogurt.

Baca Juga: 5 Tanda Tubuh Kelebihan Asupan Karbohidrat

2. Cuka

Cuka bukan hanya memberikan rasa asam atau memiliki fungsi mengawetkan makanan. Cuka juga bisa dikonsumsi untuk menormalkan kembali nafsu makan agar tetap dalam batas wajar.

Konsumsi 1 sendok makan cuka dengan makanan utama atau sebagai campuran pada saus salad mampu menurunkan gula darah dalam darah setelah makan. Biasanya setelah makan makanan dengan tinggi karbohidrat, kadar gula dalam darah akan melonjak tinggi. Di sinilah cuka menjadi penyelamat.

Pada banyak orang, kondisi meningkatnya gula darah dalam tubuh akan membuat nafsu makan juga meningkat. Gula darah yang melonjak ini akan sangat berbahaya bagi penderita diabetes yang tidak bisa mencerna gula dengan efektif.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com