7 Buah untuk Asam Urat yang Disarankan Agar Dikonsumsi

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 28 Des 2020 09:00 WIB
Womans leg hurts, pain in the foot, massage of female feet at home Foto: iStock
Jakarta -

Buah untuk asam urat yang disarankan untuk dikonsumsi adalah buah yang tinggi akan vitamin C. Beberapa buah disebut-sebut sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Gout atau asam urat adalah sejenis artritis, suatu kondisi peradangan pada persendian. Orang dengan asam urat biasanya mengalami serangan nyeri, pembengkakan sendi yang tiba-tiba parah.

Asam urat dapat dikontrol dengan obat-obatan, diet yang tepat dan perubahan gaya hidup. Jika tidak ditangani dengan tepat, asam urat seseorang bisa drop. Penting untuk menghindari makanan yang mengandung purin sehingga produksi asam urat tidak meningkat.

Berikut daftar buah untuk asam urat yang direkomendasikan:

1. Apel

Buah apel terkenal dengan manfaat sehatnya, tidak hanya untuk menurunkan berat badan tetapi juga baik untuk penderita asam urat. Konsumsi apel secara rutin bisa mencegah asam urat karena apel mengandung asam malat. Jenis asam ini mampu menetralkan asam urat dalam aliran darah.

2. Buah berry

Dibalik rasanya yang asam menyegarkan, buah berry memiliki segudang manfaat kesehatan. Bagi penderita asam urat, sebaiknya perbanyak konsumsi strawberry dan blueberry karena buah ini bersifat anti inflamasi. Bermanfaat untuk cegah kadar asam urat tinggi dalam darah.

3. Jeruk nipis

Buah untuk penderita asam urat yang bisa dikonsumsi salah satunya adalah jeruk nipis. Secara khusus jeruk nipis mampu cegah asam urat karena mengandung asam sitrat yang bersifat pelarut asam urat. Untuk memanfaatkannya, peras setengah jeruk nipis ke dalam segelas air. Minum rutin setiap hari untuk mendapatkan manfaat secara maksimal.

4. Pisang

Buah untuk penderita asam urat selanjutnya adalah pisang. Buah pisang tidak hanya tinggi kalium tetapi juga mengandung senyawa yang bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat yang berlebih di dalam tubuh.

Buah pisang dapat dikonsumsi bersama dengan chia seed atau dibuat smoothies dengan campuran buah strawberry.

5. Kiwi

Buah kiwi mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan pengeluaran asam urat dari tubuh. Satu buah kiwi ukuran sedang mengandung vitamin C sebanya 71 mg.

Vitamin C juga bermanfaat untuk membantu menghambat produksi enzim xantin oksidase yang bisa menghambat pembentukan asam urat sehingga dapat menurunkan kadar asam urat.

6. Jambu Biji

Dalam Healthline, satu buah jambu biji dapat mengandung 126 mg vitamin C yang merupakan 140 persen kebutuhan harian vitamin C. Selain bermanfaat sebagai sumber antioksidan, vitamin C juga berefek pada meningkatkan pengeluaran asam urat dari tubuh.

7. Semangka

Semangka menjadi buah asam urat yang mengandung tinggi air. Air dapat membantu meluruhkan asam urat berlebih di dalam tubuh.

Semangka bersifat diuretik alami sehingga meningkatkan aliran urin tanpa membuat ginjal bekerja keras sehingga akan merontokkan asam urat tersebut dan memperbaiki kandungan darah.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Sirup Buah yang Nyegerin"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com