Jenis-jenis Teh yang Bisa Melunturkan Lemak, Cocok Buat Diet!

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 27 Des 2020 06:00 WIB
Jenis-jenis Teh yang Bisa Melunturkan Lemak, Cocok Buat Diet! Foto: Getty Images/iStockphoto/GANCINO

3. Teh Oolong

Jenis-jenis Teh yang Bisa Melunturkan Lemak, Cocok Buat Diet!Jenis-jenis Teh yang Bisa Melunturkan Lemak, Cocok Buat Diet! Foto: Getty Images/iStockphoto/GANCINO

Teh Oolong memiliki banyak manfaat salah satunya dalam hal menurunkan berat badan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa polifenol dalam teh tradisional Cina ini dapat membantu metabolisme.

Polifenol telah terbukti membantu tubuh menggunakan lemak tersimpan untuk energi dan menjadi keuntungan besar ketika bertujuan untuk menurunkan berat badan. Penelitian tahun 2009 pada wanita Cina yang kelebihan berat badan mengungkapkan bahwa mereka yang minum 4 cangkir teh oolong per hari dapat menurunkan berat badannya sebanyak 2,2 pound atau hampir 1 kilogram selama 6 minggu.

4. Teh Pu-erh

Teh hitam asal China ini tidak hanya dikenal karena aromanya yang enak saja, tapi juga karena potensi manfaatnya untuk menurunkan berat badan.

Studi yang dilakukan pada hewan telah menunjukkan bahwa teh pu-erh dapat membantu membakar lebih banyak lemak yang disimpan dan mensintesis lebih sedikit lemak baru. Hal ini dapat menjelaskan mengapa suatu penelitian menghubungkan teh ini dengan pengurangan berat badan dan indeks massa tubuh untuk orang dengan sindrom metabolik.

5. Teh Dandelion

Jenis-jenis Teh yang Bisa Melunturkan Lemak, Cocok Buat Diet!Jenis-jenis Teh yang Bisa Melunturkan Lemak, Cocok Buat Diet! Foto: Getty Images/iStockphoto/GANCINO

Dandelion memiliki sifat diuretik alami. Hal ini berarti teh dandelion dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian tahun 2008 menemukan bahwa dandelion dapat berfungsi sebagai inhibitor lipase dengan mengurangi penyerapan lemak gastrointestinal. Sehingga teh dandelion dapat menjadi alternatif alami yang bagus untuk menurunkan berat badan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com