7 Manfaat Sehat Buah Kelengkeng yang Legit Segar

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 22 Des 2020 10:30 WIB
7 Manfaat Sehat Buah Kelengkeng yang Legit Segar Foto: iStock
Jakarta -

Buah kelengkeng dikenal akan rasa yang legit dan juicy. Buah manis ini ternyata punya sejumlah nutrisi yang menyehatkan tubuh.

Longan atau bisa dikenal dengan kelengkeng adalah buah tropis yang berasal dari pohon longan. Pohon longan adalah anggota keluarga buah berry seperti lychee, rambutan, dan lainnya.

Buah kelengkeng adalah buah kecil berdaging putih bulat dengan kulit kuning kecoklatan yang tumbuh secara menggantung. Buahnya memiliki rasa sedikit manis dan berair. Buah kelengkeng memiliki rasa manis yang lebih kering daripada leci. Wanginya lebih aromatik dan memiliki rasa manis yang sedikit lebih asam.

Buah kelengkeng memiliki kandungan yang sangat kaya nutrisi dan mineral. Pada 100 gram buah kelengkeng terdapat 60 kkal energi, 21 miligram fosfor, 10 miligram magnesium, 266 miligram potasium, 84 miligram vitamin C, riboflavin, niacin, thiamin serta nutrisi dan mineral lainnya.

Kandungan nutrisi dan mineralnya yang sangat kaya membuat buah kelengkeng memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Menurut Boldsky (9/12), berikut ini 7 manfaat sehat buah kelengkeng.

1. Meningkatkan Imunitas

7 Manfaat Sehat Buah Kelengkeng yang Legit Segar7 Manfaat Sehat Buah Kelengkeng yang Legit Segar Foto: iStock

Buah kelengkeng adalah sumber vitamin C yang baik. Vitamin C ini merupakan antioksidan yang larut dalam air dan memiliki peran penting dalam memperkuat kekebalan tubuh dan menangkal penyakit.

Vitamin C memiliki kemampuan yang ampuh untuk membantu melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas. Konsumsi buah kelengkeng secara rutin dapat membantu membuang racun dalam tubuh dan menangkal radikal bebas.

Baca Juga: Manisan Kelengkeng dan Jau Gok, Camilan Simbolik yang Wajib Disajikan (1)

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com