Kalori Gula Merah Vs Gula Putih, Mana yang Lebih Tinggi?

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 20 Des 2020 06:00 WIB
Ini Cara Membedakan Gula Merah Asli dan Oplosan Foto: Getty Images/Raats
Jakarta -

Kalori gula merah dan gula putih tentu berbeda. Dari segi pembuatan keduanya juga memiliki perbedaan yang signifikan.

Mengetahui berapa jumlah kalori yang dimakan dalam setiap bahan makanan sangat penting, terutama untuk Anda yang sedang menjalankan program diet.

Dalam hal ini, gula juga menjadi salah satu penyumbang kalori terbesar dalam makanan dan minuman kita jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Apakah gula merah lebih sehat dari gula putih?


Dilansir dalam Healthline, kebanyakan gula merah dibuat dengan campuran gula putih dan molase yang merupakan sejenis sirup turunan gula. Molase bertanggung jawab atas warnanya yang lebih gelap dan sedikit meningkatkan nilai gizinya.

Dalam 100 gram gula putih mengandung 394 kalori, 94 gram karbohidrat, 5 mg kalsium, 1 mg fosfor dan 0,1 zat besi. Sedangkan untuk 100 gram gula merah mengandung 386 kalori, 92 karbohidrat, 75 mg kalsium dan 3 mg zat besi.

Jika dibuat dalam ukuran sendok, kalori gula merah 1 sendok (15 gram) mengandung kalori sebesar 57,9 kalori. Dan untuk 1 sendok gula putih (15 gram) mengandung kalori sebesar 59,1 kalori.

Gula merah sering dijadikan sebagai campuran dessert tradisional seperti klepon, bolu hingga bubur kacang hijau. Untuk minuman, gula merah kini sering dimasukkan sebagai pelengkap pemanis boba milk hingga kopi susu.

Berapa kalori dalam satu gelas kopi susu gula merah? Untuk membuat es kopi susu, Anda perlu menyiapkan 15 gram kopi bubuk, 100 ml air, 30 gram gula merah dan 100 ml susu.

Modal Bisnis Es Kopi SusuModal Bisnis Es Kopi Susu Foto: Getty Images

Segelas kopi susu gula merah mengandung kalori sebesar 176,8 Kkal, 3,2 gr protein, 3,5 gr lemak dan 27,1 gr karbohidrat.

Membatasi konsumsi gula merah sama halnya dengan makan gula putih. Dalam Permenkes No 30 Tahun 2013 tentang Pencantuman Informasi Kandungan Gula, Garam dan Lemak serta Pesan untuk Pangan Olahan dan Pangan Siap Saji disebutkan konsumsi gula lebih dari 50 gram atau 5 sendok makan peres (tidak munjung) per orang per hari akan meningkatkan risiko diabetes.

(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com