Beras Merah untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan, Benarkah?

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 20 Des 2020 05:00 WIB
Red rice in a wooden spoon on red rice background.Please see: Foto: Getty Images/iStockphoto/Professor25
Jakarta -

Beras merah adalah makanan yang dikaitkan dengan makanan sehat. Beras merah yang dimasak menjadi nasi merah dianggap sebagai biji-bijian utuh yang diproses lebih sedikit daripada nasi putih yang sekam dan dedaknya sudah dihilangkan.

Sehingga beras merah dapat mempertahankan nutrisi yang tidak dimiliki oleh nasi putih seperti vitamin, mineral dan antioksidan.

Namun banyak orang yang menghindari nasi merah karena banyaknya diet rendah karbohidrat yang dijalani para pelaku diet penurunan berat badan.

Dilansir dalam Healthline, dalam 1 cup atau 200 gram beras merah mengandung 216 kalori, 44 gram karbohidrat, 3,4 gram serat, 1,8 gram lemak dan 5 gram protein. Selain itu, beras merah juga mengandung thiamin, niacin dan juga mangan. Biji-bijian utuh seperti beras merah juga mengandung folat, riboflavin (B2), kalium dan kalsium yang baik.

nasi merah di desa jatiluwihnasi merah di desa jatiluwih Foto: detikfood

Mangan yang terkandung dalam beras merah juga sangat penting untuk perkembangan tulang, penyembuhan luka, metabolisme kontraksi otot, fungsi saraf dan juga regulasi gula darah.

Kekurangan mangan telah dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan sindrom metabolik, demineralisasi tulang, gangguan pertumbuhan dan kesuburan yang rendah. Cukup mengonsumsi 200 gram nasi beras merah dapat memenuhi kebutuhan harian Anda untuk memenuhi nutrisi penting ini.

Beras merah juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Studi yang diunggah dalam jurnal Food Science and Nutrition menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam nasi mungkin menjadi alasan rendahnya prevalensi penyakit kronis tertentu di wilayah belahan dunia di mana beras merupakan makanan pokok.

Bagaimana beras merah dapat menurunkan berat badan?

Mengganti nasi putih dengan nasi beras merah dapat membantu menurunkan berat badan. Biji-bijian seperti nasi putih, pasta putih dan roti putih kekurangan serat dan nutrisi yang dikandung oleh nasi merah.

Misalnya 158 gram beras merah mengandung 3,5 gram serat sedangkan nasi putih mengandung kurang dari 1 gram.

Serat dapat membantu Anda tetap kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama, jadi memilih makanan kaya serat dapat membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

Faktanya, penelitian terhadap lebih dari 74.000 wanita menemukan bahwa mereka makan lebih banyak biji-bijian secara konsisten memiliki berat badan lebih sedikit daripada mereka yang makan sedikit biji-bijian.

Dan wanita yang memiliki asupan serat tertinggi memiliki risiko 49 persen lebih rendah mengalami kenaikan berat badan utama dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi serat paling rendah.

Wooden bowl with uncooked brown rice isolated on white background. Top viewWooden bowl with uncooked brown rice isolated on white background. Top view Foto: Getty Images/iStockphoto/igoriss

Mengganti nasi putih dengan nasi merah juga dapat membantu mengurangi lemak perut. Dalam sebuah penelitian, 40 wanita kelebihan berat badan yang makan 2/3 cangkir seberat 150 gram beras merah per hari selama enam minggu mengalami penurunan berat badan dan lingkar pinggang yang signifikan dibandingkan dengan wanita yang makan nasi putih dalam jumlah yang sama.

Selain itu, para wanita yang mengonsumsi nasi merah mengalami penurunan tekanan darah dan CRP yang siginifikan, penandanya adalah peradangan di tubuh.

Bagaimana mengonsumsi beras merah untuk menurunkan berat badan?

Ada beberapa cara menambahkan nasi beras merah ke dalam menu makanan Anda. Salah satunya adalah dengan memadukan nasi beras merah dengan lauk sayuran dan lauk berprotein hewani dan nabati. Selain itu Anda juga dapat membuat nasi beras merah menjadi gulungan sushi untuk mengganti nasi putih.

(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com