Susu Pistachio Sama Bagusnya Dengan Susu Almond? Ini Kata Ahli

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 17 Des 2020 06:00 WIB
Susu Pistachio Sama Bagusnya Dengan Susu Almond? Ini Kata Ahli Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital
Jakarta -

Susu almond jadi jenis susu nabati populer untuk dikonsumsi para penderita intoleran laktosa. Apakah susu pistachio juga sama sehatnya dengan susu almond?

Susu almond terbuat dari kacang almond yang dihaluskan sehingga mengeluarkan sari atau ekstrak. Disebut susu karena sari almond ini bertekstur kental dan warnanya juga mirip susu.

Susu almond punya ciri khas berupa rasa 'nutty' atau kacang yang kuat. Akhir-akhir ini pamor susu almond tengah naik sebagai susu nabati yang aman dikonsumsi mereka yang intoleran terhadap laktosa.

Susu almond juga dinilai lebih sehat karena kandungan kalorinya yang lebih rendah. Pada satu cangkir susu almond hanya mengandung 39 kalori yang berarti setengah jumlah kalori susu skim.

Susu Pistachio Sama Bagusnya Dengan Susu Almond? Ini Kata AhliSusu Pistachio Sama Bagusnya Dengan Susu Almond? Ini Kata Ahli Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

Setelah susu almond, baru-baru ini muncul kembali tren susu nabati yang terbuat dari kacang pistachio. Tapi apakah susu pistachio sama bagusnya dengan susu almond? Mengutip dari Body+Soul (10/12), begini penjelasan ahli gizi.

Baca Juga: Aman Untuk Vegan, 5 Susu Nabati Ini Sekarang Populer

Susu pistachio terdengar seperti pilihan makanan sehat lainnya. Pistachio memang memiliki beberapa manfaat sehat. Pistachio penuh dengan kandungan lemak sehat yang baik untuk jantung dan otak serta protein nabati untuk menahan rasa lapar.

Pistachio mengandung sebagian besar kebutuhan nutrisi tubuh manusia. Pistachio mengandung antioksidan yang disebut resveratrol, sama seperti yang ditemukan dalam wine.

Selain untuk menyehatkan jantung, resveratrol juga memiliki manfaat anti-penuaan, mencegah kanker, serta arginin asam amino yang menjaga pembuluh darah tetap bagus dan elastis.

Dibandingkan dengan susu sapi atau kedelai, kandungan protein susu pistachio untuk membangun massa otot dan penghilang rasa lapar relatif lebih rendah. Sementara susu sapi dan kedelai mengandung sekitar 10 gram protein per cangkir.

Susu Pistachio Sama Bagusnya Dengan Susu Almond? Ini Kata AhliSusu Pistachio Sama Bagusnya Dengan Susu Almond? Ini Kata Ahli Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

Namun, kelebihan lain yang dimiliki susu pistachio yaitu diperkaya dengan kalsium. Beberapa produsen susu pistachio di Australia memproduksi susu pistachio dengan kandungan 200 miligram kalsium per sajian 250 mililiter. Kandungan sebanyak ini tidak ditemukan pada susu sapi.

Susu pistachio mungkin bukan menjadi rekomendasi utama karena terlalu banyak kandungan air dan banyak pilihan lain yang lebih bernutrisi di pasaran.

Tetapi jika susu sapi atau susu kedelai juga tidak bisa menjadi pilihan utama kamu, susu pistachio bisa dicoba. Sebaiknya pilih yang diperkaya kalsium agar nutrisinya lebih lengkap.

Baca Juga: Tak Kalah dari Susu Sapi, 5 'Susu' Nabati ini Juga Enak dan Menyehatkan

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com