Ini Trik Tambahkan Sayuran Pada 5 Fast Food Favorit Anak

Tim Detikfood - detikFood Rabu, 16 Des 2020 16:30 WIB
ilustrasi fast food Foto: iStock
Jakarta -

Fast food jadi favorit anak-anak. Untuk kurangi efek buruknya untuk kesehatan, coba lakukan trik mudah ini dengan tambahan sayuran.

Memberikan anak makanan cepat saji atau fast food memang jauh lebih praktis. Namun, jika terlalu sering diberikan, makanan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan anak.

Kebanyakan makanan cepat saji diolah dengan proses menggoreng dan mengandung tinggi gula atau garam. Menurut ahli nutrisi Dana Angelo White, MS, RD, ATC, banyak makanan cepat saji mengandung 1.000 kalori per porsi dengan kandungan lemak dan natrium yang tinggi.


"Karena banyak bahan yang diproses dan dibumbui secara berlebihan, kandungan natriumnya hampir selalu tinggi," kata White, dilansir Very Well Fit.

Makanan cepat saji masih menjadi pilihan sebagian besar anak untuk makan utama. Tak sedikit anak menolak makanan rumahan dan memilih makanan ini. Apalagi bagi anak yang sulit makan sayuran.

Sebenarnya,makanan cepat saji bisa dibuat sendiri di rumah. Pilihannya pun beragam dan bisa dikreasikan dengan tambahan sayuran segar.

Mengutip Parents, berikut 5 fast food yang bisa dikreasikan dengan sayuran untuk diberikan pada anak.

1. Pizza

Banyak anak menyukai pizza sebagai makanan utama atau camilan. Daripada membeli pizza, Anda bisa membuat sendiri dengan kreasi topping yang sehat.

Beberapa topping yang bisa digunakan seperti paprika merah, tomat cincang, brokoli, atau buah nanas. Topping pizza bisa berisi sekitar 1/4 hingga 1/2 sayuran dan buah yang sudah diiris.

Untuk menambah nutrisi, gunakan gandum dan keju rendah lemak dalam membuat pizza. Coba campurkan keju cheddar, atau parmesan dengan mozarella.

A pile of chicken nuggets on white plate with sauceIni Trik Tambahkan Sayuran Pada 5 Fast Food Favorit Anak. Foto: Thinkstock

2. Chicken nugget

Sayuran bisa dicampur dalam daging ayam cincang untuk dibuat chicken nugget. Bahan lain seperti campuran putih telur dan susu krim juga bisa digunakan dalam membuat chicken nugget.

Selain dicampur, sayuran bisa disajikan terpisah dengan chicken nugget. Sajikan chicken nugget dengan dengan irisan sayur dalam satu piring atau di atas meja makan.

"Letakkan juga irisan sayur di atas meja makan. Anak-anak pasti akan memakannya," kata ahli diet, Sarah Krieger, RD.

Untuk trik menyelipkan sayuran pada menu fast food yang lain, bisa dilihat DI SINI!



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Kentang Goreng ala Restoran Fast Food"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com