7 Nutrisi untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 15 Des 2020 08:00 WIB
Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin C Foto: Getty Images/iStockphoto/LumenSt

6. Tembaga

Tembaga adalah mineral penting untuk fungsi kekebalan tubuh karena memungkinkan tubuh untuk bergerak dan menggunakan zat besi yang membantu oksigenasi tubuh, memperkuat kolagen dan elastin dan membantu membentuk enzim antioksidan alami yang mengatasi peradangan. Beberapa penelitian klinis menunjukkan bahwa suplemen tembaga pada dosis 3 mg setiap hari dapat mendukung tekanan darah dan kadar kolesterol sehat.

Dibandingkan dengan 80 tahun yang lalu, kandungan tembaga pada sayuran menurun sekitar 75% dengan pengurangan serupa juga terjadi pada banyak makanan hewani. Nutrisi penting ini ditemukan dalam makanan seperti kerang, kacang-kacangan, biji-bijian dan gandum utuh.

7. Vitamin C

Ternyata Tidak Hanya Berbeda Warna, Paprika Juga Punya Jenis KelaminFoto: iStock

Dikenal sebagai nutrisi penting karena vitamin C merangsang pembentukan sel-sel kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi. Vitamin C juga digunakan oleh sel-sel imunitas untuk membantu memerangi peradangan.

Vitamin C diperlukan untuk membentuk dan memperkuat kolagen, protein yang membantu menjaga fungsi paru-paru yang sehat. Vitamin C berperan untuk mengatasi risiko penyakit akut. Makanan yang kaya akan vitamin C termasuk paprika, stroberi, dan buah jeruk.

Baca Juga: Apa Benar Minum Teh Bisa Cegah Infeksi Virus Corona?

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com