Chia Seed Efektif Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Alasannya

Diah Afrilian - detikFood Senin, 14 Des 2020 05:00 WIB
Chia Seed Efektif Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Alasannya Foto: iStock
Jakarta -

Chia seed dikenal sebagai salah satu superfood yang dipercaya punya banyak kelebihan untuk kesehatan. Konsumsi rutin chia seed bisa efektif turunkan berat badan.

Chia seed merupakan biji yang dihasilkan oleh tumbuhan bunga salvia hispanica yang masih satu keluarga dengan daun mint. Beberapa waktu terakhir chia seed begitu populer di kalangan pelaku hidup sehat dan dijuluki sebagai superfood.

Chia seed merupakan bahan makanan kaya serat dengan total serat 9.75 gram per 30 gram penyajian. Chia seed juga mengandung 4.69 gram protein per sajian.

Kedua kandungan serat dan protein ini dapat menekan nafsu makan dan membuat perut kenyang lebih lama. Kandungan kalori di dalamnya pun hanya sekitar 138 kalori sehingga menjadi camilan rendah kalori namun kaya nutrisi.

Chia seedChia seed Foto: iStock

Penelitian sederhana pada tahun 2014 membandingkan orang-orang yang menurunkan berat badan dengan konsumsi 35 gram tepung chia sehari dengan orang-orang yang mengonsumsi obat-obatan medis.

Penelitian yang melibatkan 26 partisipan ini menemukan tidak ada perbedaan penurunan berat badan pada kedua kelompok setelah pengamatan 12 minggu. Peneliti mencatat bahwa ada penurunan berat badan yang signifikan pada kelompok konsumen chia seed.

Tambahan lainnya pada kelompok konsumen chia seed yang memiliki kadar kolesterol tidak normal di awal menunjukkan perubahan perbaikan secara signifikan. Tepung chia seed dapat mengurangi kolesterol dan meningkatkan kolesterol sehat pada tubuh.

Melansir Medical News Today (21/8) penelitian lainnya juga dilakukan pada 77 partisipan yang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas serta mengidap diabetes tipe 2. Semua partisipan ikut dalam diet ketat kalori selama 6 bulan. Dibagi menjadi dua kelompok yaitu konsumen Salba chia dan makanan berbahan dasar oat.

Partisipan yang tidak mengonsumsi chia seed diamati mengalami penurunan berat badan sebanyak rata-rata 0,3 kilogram. Sedangkan pada kelompok partisipan yang mengonsumsi chia seed kehilangan berat badannya rata-rata 1,9 kilogram. Kelompok konsumen chia juga mengalami pengecilan lingkar pinggang yang dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Penemuan ini menyarankan bahwa chia seed tidak menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan. Chia seed mungkin membantu penurunan berat badan pada orang yang melakukan diet rendah kalori meskipun hasil pengamatan ini masih belum dipastikan. Masih perlu pengamatan lanjutan untuk membuktikan efek chia seed dalam menurunkan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Begini Cara Mengonsumsi Chia Seed yang Kaya Manfaat

Manfaat Kesehatan Chia Seed

Chia Seed Efektif Bantu Turunkan Berat Badan, Ini AlasannyaChia Seed Efektif Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Alasannya Foto: iStock

Chia seed mengandung banyak nutrisi sehat. Dalam 30 g chia seed mengandung mineral antara lain 79 miligram kalsium, 95 miligram magnesium, 2.19 miligram besi, 115 miligram kalium.

Chia seed juga mengandung beberapa antioksidan dan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang kaya. Beberapa penelitian menghubungkan asupan omega-3 dengan pengurangan risiko depresi, penyakit radang usus, dan alergi masa kanak-kanak. Asam lemak omega-3 juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Penelitian tentang potensi manfaat kesehatan dari chia seed masih dalam masa pengamatan lebih lanjut. Perlu ada lebih banyak uji klinis dengan kualitas yang lebih tinggi. Namun, penelitian saat ini menunjukkan bahwa biji chia dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Chia seed dikatakan dapat mengatasi peradangan, mengendalikan gula darah, membantu mengendalikan diabetes, menjaga kesehatan usus, mengendalikan tekanan darah dan mencegah pembekuan darah serta mengendalikan kadar kolesterol.

Cara Konsumsi Chia Seed

Chia Seed Efektif Bantu Turunkan Berat Badan, Ini AlasannyaChia Seed Efektif Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Alasannya Foto: iStock

Tidak masalah menjadikan chia seed sebagai camilan. Banyak studi tentang chia seed menggunakan dosis yang relatif tinggi. Berikut ini cara yang bisa digunakan untuk mengonsumsi chia seed:

1. Tambahkan 1 sdm chia seed ke dalam racikan smoothie di pagi hari.
2. Taburkan sedikit chia seed di atas salad.
3. Campurkan tepung chia seed dalam masakan.
4. Buat air chia seed dengan merendam chia seed dalam air selama 20-30 menit. Bisa langsung diminum atau dicampur dengan madu, lemon, atau jus buah untuk menambah rasa.
5. Tambahkan chia seed ke campuran makanan.
6. Buat puding chia seed dengan mencampur chia seed ke dalam susu atau yogurt dan membiarkannya semalaman mengental. Tambahkan madu atau buah segar untuk menu sarapan.

Risiko Gangguan Pencernaan

Chia Seed Efektif Bantu Turunkan Berat Badan, Ini AlasannyaChia Seed Efektif Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Alasannya Foto: iStock

Chia seed aman bagi orang banyak untuk dimakan dan tidak menyebabkan efek samping. Namun kandungan serat yang tinggi dari chia seeds dapat menyebabkan masalah pencernaan pada orang yang sensitif terhadap serat.

Perlu juga dicatat bahwa dosis omega-3 yang lebih besar dapat berdampak pada menipiskan darah. Meskipun dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung, ini juga meningkatkan risiko pendarahan.

Oleh karena itu, orang yang menggunakannya sebagai pengencer darah atau memiliki gangguan perdarahan harus menghindari biji chia. Butuh konsultasi dengan dokter sebelum menambahkan chia seed ke dalam makanan.

Baca Juga: 9 Manfaat Chia Seed, Makanan Super yang Baik untuk Kesehatan



Simak Video "Masak Masak: Resep Bakso Jumbo Beranak"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com