5 Makanan Untuk Atasi Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

Tim Detikfood - detikFood Rabu, 09 Des 2020 08:45 WIB
Pola Makan Ibu Hamil Foto: iStock
Jakarta -

Hipertensi atau tekanan darah tinggi perlu diwaspadai selama kehamilan. Ibu hamil dengan kondisi ini perlu cermat memilih makanan.

Menurut studi tahun 2016, wanita hamil yang mengalami prehipertensi sudah harus hati-hati dengan kondisi kesehatannya. Perlu diketahui bahwa prehipertensi adalah tekanan darah antara 120/80 mmHg sampai dengan 140/90 mmHg.

"Studi ini menunjukkan bahwa wanita dengan prehipertensi di akhir kehamilan memiliki risiko lebih tinggi melahirkan bayi yang kekurangan berat badan atau lahir mati," kata profesor kebidanan sekaligus penulis studi, Anna-Karin Wikstrom, MD, Ph.D, dilansir Parents.

Risiko wanita dengan kondisi ini sekitar 70 persen lebih tinggi untuk mengalami kedua komplikasi tersebut, dibandingkan dengan wanita dengan tekanan darah normal. Para peneliti juga menemukan bahwa ibu dengan tekanan darah yang meningkat di awal hingga akhir kehamilan, berisiko besar melahirkan bayi dengan berat badan rendah.

Hipertensi bisa muncul sebelum kehamilan. Dalam kasus lain, hipertensi dapat berkembang selama kehamilan. Selain rutin melakukan pengecekan tekanan darah dan konsultasi ke dokter, ibu hamil bisa mengatasi hipertensi dengan konsumsi makanan tertentu. Beberapa makanan mengandung zat yang dipercaya bisa menurunkan hipertensi.

Closeup portrait of a cute young female biting into a piece of chocolate5 Makanan Untuk Atasi Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil Foto: iStock

Dikutip dari 'Buku Pintar Ibu Hamil' oleh Tim Navitri, berikut 5 jenis makanan yang bisa atasi hipertensi selama kehamilan:

1. Cokelat

Cokelat bisa dikonsumsi dalam porsi kecil atau secukupnya. Makanan ini dapat bermanfaat sebagai magnesium yang melancarkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

Jika ingin menghindari kandungan lemak dalam cokelat yang bisa bikin gemuk, bisa cari alternatif makanan lain. Bayam, gandum, dan ketan hitam juga mengandung magnesium.

2. Pisang

Selain dapat menurunkan tekanan darah, pisang merupakan sumber zat potasium yang bisa mengurangi pembekuan cairan dalam tubuh.

Kalau tak suka makan pisang, bisa mendapat asupan potasium di bahan makanan lain, seperti kismis, yogurt, buah alpukat, dan jeruk.

Baca selanjutnya DI SINI untuk tahu 3 jenis makanan lain yang bisa atasi hipertensi saat hamil.



Simak Video "Bikin Laper: Review Nasi Bakar Tuna Super Sedap dari 'Rumah Toean'"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com