Ini Cara Minum Kopi Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 05 Des 2020 05:00 WIB
green coffee beans on wooden surfacegreen coffee beans on wooden surface Foto: iStock
Jakarta -

Kopi hijau adalah bahan yang dikenal dapat menurunkan berat badan. Kopi hijau pada dasarnya ialah biji kopi mentah yang disangrai.

Selain mempromosikan penurunan berat badan, kopi hijau juga disebut dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan daya ingat pada orang dewasa.

Apa itu ekstrak kopi hijau?

Dikutip dalam parenting.firstcry, biji kopi hijau yang tidak disangrai digunakan untuk membuat ekstrak biji kopi hijau. Biji kopi ini mengandung senyawa yang disebut dengan asam klorogenat.

Asam ini memiliki sifat antioksidan yang dapat membuat kopi hijau baik untuk menurunkan berat badan dan tekanan darah. Saat dipanggang, kandungan asam klorogenat berkurang, sehingga kopi biasa tidak dapat mendorong penurunan berat badan.

Kopi hijau juga dikenal dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Minum kopi hijau juga dapat membatasi keinginan ngemil dalam jangka waktu yang lama.

Dilansir dalam NDTV, Dr. Simran Saini dari Fortis Hospital mengatakan,"Asam klorogenat dalam kopi hijau bertindak sebagai antioksidan. Ini dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah tinggi, membantu penurunan berat badan dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh," ujar Saini.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Indian Journal of Innovative Research and Development (IJIRD) menunjukkan bahwa bahan aktif ajaib yang disebut asam klorogenat dalam kopi hijau bisa membantu turunkan berat badan.

Bagaimana cara minum kopi hijau untuk menurunkan berat badan?

Kopi hijau yang sudah dihaluskan dapat diseduh dengan air hangat tanpa gula. Dan dikonsumsi cukup dengan 1 cangkir per hari.

Selain itu kamu juga dapat menambahkan kunyit, kayu manis, daun mint atau jahe untuk menambah khasiat kopi hijau untuk menurunkan berat badan.

Namun perlu diketahui, sama seperti kopi pada umumnya kopi hijau juga mengandung kafein yang bisa menyebabkan efek samping tertentu. Karena itu kopi hijau sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com