9 Manfaat Jus Alpukat untuk Kesehatan, Tapi Jangan Pakai Gula Ya!

ADVERTISEMENT

9 Manfaat Jus Alpukat untuk Kesehatan, Tapi Jangan Pakai Gula Ya!

Lusiana Mustinda - detikFood
Kamis, 03 Des 2020 16:00 WIB
Avocado on old wooden table in bowl. Halfs of avocados fresh fruits healthy food.
Foto: iStock
Jakarta -

Manfaat jus alpukat agar bisa didapatkan secara maksimal, sebaiknya jangan ditambahkan gula. Selain gula, susu kental manis juga sebaiknya dihindarkan.

Dalam 128 gram buah alpukat mengandung lemak sekitar 21 gram. Jenis lemak yang ditemukan dalam alpukat ini sebagian besar adalah campuran lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

Lemak tak jenuh ganda sangat penting. Tubuh kita tidak dapat menghasilkan sendiri lemak ini sehingga dibutuhkan dari makanan, salah satunya buah alpukat. lemak tak jenuh ganda berguna untuk membangun membran sel dan penurup saraf. Dan mereka juga dibutuhkan untuk pembekuan darah dan pergerakan otot.

Dikutip dalam Food Revolution, lemak tak jenuh tunggal mirip dengan lemak yang ditemukan dalam minyak zaitun. Beberapa penelitian telah mengaitkannya dengan pengurangan peradangan, risiko penyakit jantung yang lebih rendah dan efek anti kanker.

Manfaat jus alpukat

1. Melindungi kesehatan mata

Dilansir dalam Web MD, alpukat memiliki lutein dan zeaxanthin yang dapat menyerap gelombang cahaya yang dapat merusak penglihatan Anda. Orang yang makan banyak makanan tinggi antioksidan ini cenderung tidak mengalami degenerasi makula terkait usia, penyebab utama kebutaan pada orang dewasa yang lebih tua. Sebagian besar antioksidan alpukat ditemukan di bagian daging berwarna hijau gelap yang paling dekat dengan kulitnya.

2. Membantu turunkan berat badan

Setengah cangkir guacamole memiliki sekitar 6 gram, hampir 1/4 dari kebutuhan serat harian Anda. Serat membantu Anda merasa kenyang sehingga cenderung tidak makan secara berlebihan.

Meskipun alpukat tinggi lemak, namun kandungan lemaknya adalah tak jenuh tunggal yang sehat. Penelitian telah menemukan bahwa jenis lemak dalam makanan Anda dapat membantu memangkas ukuran pinggang. Asalkan tidak meminum jus alpukat dengan gula ataupun susu kental manis.

3. Tingkatkan mood

Dalam secangkir irisan alpukat, Anda akan mendapatkan sekitar 118 mikrogram folat, yang hampir sepertiga dari kebutuhan kebanyakan orang dewasa setiap hari. Orang yang tidak mendapatkan cukup vitamin B ini bisa lebih rentang terhadap depresi dan cenderung tidak merespons antidepresan dengan baik. Folat juga berperan dalam mencegah cacat lahir sehingga calon ibu dan ibu baru didorong untuk mendapatkan lebih banyak.

4. Memberikan energi

Buah alpukat dikemas dengan berbagai vitamin B seperti tiamin (B1), riboflavin (B2) dan niasin (B3). Ini membantu tubuh Anda mengubah makanan yang Anda makan menjadi energi. Alpukat sangat kaya akan niasin yang dapat melawan peradangan dalam tubuh dan melindungi arteri Anda dengan meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Manfaaf jus alpukat berikutnya adalah baik untuk jantung. KLIK HALAMAN BERIKUTNYA UNTUK ARTIKEL LENGKAPNYA


5. Baik untuk jantung

Berbicara tentang pembuluh darah, American Heart Association merekomendasikan agar sebagian besar lemak yang Anda makan tidak jenuh seperti yang ditemukan dalam buah alpukat. Penelitian awal sekarang menunjukkan bahwa alpukat khususnya juga dapat membantu menurunkan kolesterol "jahat", trigliserida dan tekanan darah.

6. Membantu tingkatkan kesehatan otak

Alpukat memberi Anda dosis vitamin E yang baik dan dapat melindungi diri dari penyakit Alzheimer dan memperlambat penurunan daya ingat dan kemampuan berpikir Anda. Ini mungkin ada hubungannya dengan sifat antioksidan vitamin E yang dapat membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh hal-hal seperti polusi dan radiasi dari matahari dari waktu ke waktu.

7. Memperkuat tulang

Rata-rata orang makan setengah buah alpukat sekaligus. Hal ini bisa memberi orang dewasa 15 persen dari kebutuhan vitamin K harian mereka. Nutrisi ini dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah terjadinya patah tulang. Masukkan potongan alpukat ke dalam salad bayam dengan tuna atau telur untuk mendapatkan lebih banyak vitamin K bersama dengan vitamin D, nutrisi lain yang penting untuk kesehatan tulang.

8. Menjaga kesehatan kulit

Alpukat selain bisa di jus juga bisa digunakan sebagai masker. Hal ini dikarenakan alpukat sangat bagus untuk kulit. Kandungan antioksidan seperti vitamin C dapat membantu menjaga kulit Anda tetap awet muda dengan menghaluskan kerutan.

Masker yang dibuat dari alpukat dapat membantu penyembuhan luka, jadi Anda bisa mengoleskannya pada kulit yang terbakar sinar matahari.

9. Meningkatkan kesehatan prostat

Beta-sitosterol, sejenis sterol tanaman dapat membantu meringankan gejala pembesaran prostat. Selain itu baik buah alpukat dan jus alpukat juga memiliki empat kali lebih banyak beta sitosterol daripada jeruk, sumber buah terkaya berikutnya.

(lus/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT