10 Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin C untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 03 Des 2020 06:00 WIB
Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin C Foto: Getty Images/iStockphoto/LumenSt
Jakarta -

Kebutuhan vitamin C harian harus selalu diperhatikan. Bukan hanya dari suplemen, ada makanan yang banyak mengandung vitamin C untuk dikonsumsi rutin.

Vitamin C memiliki kemampuan untuk meningkatkan imunitas tubuh, mengatasi inflamasi, hingga membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C memiliki cukup banyak manfaat dan diperlukan oleh tubuh sehingga asupannya perlu diperhatikan.

Selain didapatkan dari suplemen, vitamin C secara natural juga bisa diasup dari makanan. Beberapa makanan mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup banyak dan jika dikonsumsi secara rutin dapat memenuhi kebutuhan vitamin tubuh.

Dikutip dari MSN Lifestyle (26/11), berikut 10 makanan yang banyak mengandung vitamin C untuk tingkatkan imun tubuh. Cocok dikonsumsi rutin.

1. Kiwi

Kiwi merupakan buah asam segar yang kaya manfaat. Konsumsi dua buah kiwi bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian dua kali lebih banyak dari yang disarankan. Bahkan kandungan vitamin C pada kiwi tiga kali lebih banyak dari jeruk. Salah satu varietas yang sangat unggul akan nutrisinya adalah Kiwi Sungold.

2. Jeruk

Fantastis! Satu Buah Jeruk Mandarin Mikan Dijual Rp 14,2 Juta di JepangFoto: iStock

Salah satu kebaikan pada buah ini adalah mengandung 90 persen nilai vitamin C yang direkomendasikan setiap hari. Kamu bisa menjadikan jeruk sebagai camilan di antara waktu makan utama.

Karena vitamin C larut dalam air, mengonsumsi buah segar ini dapat mempertahankan sebanyak mungkin nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Vitamin C yang Mungkin Belum Anda Ketahui

3. Paprika Merah

Menambahkan beberapa paprika merah ke salad atau menggunakan beberapa irisan sayuran ini dapat membantu penuhi kebutuhan vitamin C. Satu buah paprika merah berukuran sedang memenuhi 169 persen kebutuhan harian seseorang akan vitamin C.

Bukan hanya vitamin C, paprika merah juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Paprika dapat dikonsumsi dengan cara ditambahkan ke dalam tumisan, sebagai campuran omelette, maupun olahan makanan lainnya.

4. Blueberry

Buah mungil berwarna biru keunguan ini adalah sumber nutrisi yang baik. Salah satunya tinggi kandungan alami vitamin C. Satu cup blueberry atau sekitar 128 gram menyediakan 16 persen kebutuhan harian vitamin C.

Blueberry. baik segar maupun beku, ternyata memiliki nutrisi yang sama. Blueberry dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan campuran smoothie.

5. Brokoli

Sayuran hijau ini adalah sumber alami vitamin C, serat, vitamin K, dan zat besi. Brokoli mengandung hingga 80 miligram vitamin C untuk tiap 128 gramnya.

Sayuran hijau ini sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Terutama pada kalangan anak-anak untuk mendukung tumbuh kembangnya.

6. Jus Jeruk

Memilih jus jeruk saat sarapan menjadi cara terbaik untuk mendapatkan asupan vitamin C di pagi hari. Karotenoid yang ada pada jus jeruk juga dapat membantu menjaga imunitas tubuh.

Memilih jus yang diperkaya dengan ekstra vitamin D dan vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan berbagai nutrisi baik lainnya yang diperlukan oleh tubuh.

7. Strawberry

Strawberry isolated on white background cutoutFoto: iStock

Mengonsumsi delapan buah stroberi akan memberi lebih dari 100 persen kebutuhan harian vitamin C. Bersama dengan nutrisi lain seperti folat dan kalium, stroberi adalah makanan yang sempurna untuk dikonsumsi rutin.

Strawberry juga memiliki fungsi lain seperti menjaga imunitas, merawat kesehatan kulit serta banyak manfaat lainnya yang bisa diperoleh oleh tubuh melalui strawberry.

8. Ceri

Ceri merupakan buah kecil yang ternyata mengandung cukup banyak vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Terutama ceri jenis acerola yang mengandung vitamin C yang lebih banyak lagi.

Bahkan dengan satu buah ceri jenis ini mengandung 81 miligram vitamin C yang hampir memenuhi kebutuhan vitamin C harian yang disarankan yaitu sebanyak 90 miligram.

9. Kentang

Satu kentang ukuran sedang secara alami mengandung 27 miligram vitamin C per porsi atau 30 persen dari kebutuhan harian. Kunci kandungan vitamin C pada kentang ada di kulitnya. Kulit kentang mengandung sekitar 4,5 miligram vitamin c dan tinggi kandungan serat.

10. Lemon

air lemonFoto: iStock

Makan satu buah lemon akan memenuhi sekitar setengah dari kebutuhan vitamin C harian. Lemon bisa dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, dijadikan campuran salad, bumbu, atau bahkan dicampur dengan minuman yang menyegarkan.

Konsumsi lemon dapat memberikan lebih banyak manfaat kesehatan dibanding suplemen vitamin C. Misalnya limun yang dibuat dari campuran lemon air bisa membantu mengatasi batu ginjal.

Baca Juga: 8 Makanan Ini Punya Kandungan Vitamin C Lebih Banyak dari Jeruk

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com